Anggaran Beasiswa Kaltim Tuntas 2022 Bertambah

Beasiswa Kaltim Tuntas

Gubernur Kaltim, Isran Noor, saat meresmikan Pojok Statistik Universitas Mulawarman di lantai 2 Gedung Perpustakaan Unmul Samarinda, Senin 12 September 2022. (Foto: Dok Unmul)

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) memperkuat komitmen dalam bidang pendidikan. Komitmen tersebut satu di antaranya dengan menambah besaran anggaran untuk Beasiswa Kaltim Tuntas 2022.

Dalam APBD Murni Tahun 2022, Pemprov Kaltim telah menetapkan besaran anggaran Beasiswa Kaltim Tuntas sebesar RpRp155 miliar. Menurut Gubernur Kaltim, Isran Noor, Beasiswa Kalimantan Timur 2002 akan mengalami penambahan sebesar Rp150 miliar.

Sehingga jumlah total Beasiswa Kaltim akan menjadi Rp300 miliar dari jumlah sebelumnya yang telah dialokasikan pada APBD murni 2022.

“Tahun ini kita akan tambah Beasiswa Kaltim Tuntas itu menjadi Rp300 miliar. Jadi dari Rp155 miliar, kita tambah lagi Rp150 miliar lagi,” ujar Gubernur Isran Noor dikutip dari Humas Pemprov Kaltim, saat meresmikan Pojok Statistik Universitas Mulawarman di lantai 2 Gedung Perpustakaan Unmul Samarinda, Senin 12 September 2022.

Menurut Gubernur Isran Noor, penambahan anggaran untuk Beasiswa Kaltim secara otomatis akan menambah jumlah penerima, khususnya untuk kategori beasiswa tuntas.

“Jadi bagi mahasiswa yang sudah apply atau melamar, tidak perlu lagi mengajukan permohonan baru, nanti yang dibawah nilainya akan otomatis tertarik ke atas. Jadi sekitar 3.300 orang tambahan akan menerima beasiswa tuntas di tahun 2022 ini,” ujar Gubernur Isran Noor.

Gubernur Isran Noor memastikan bahwa pada tahun 2023 mendatang alokasi anggaran untuk Beasiswa Kaltim tidak akan berkurang.

“Dan tahun depan bukan kurang, akan sama jumlahnya sekitar Rp300 miliar,” ujar Gubernur Isran Noor.

Dengan kisaran anggaran yang dialokasikan untuk Beasiswa Kaltim 2022 dan 2023 mendatang, Gubernur berharap, sekitar 30-40 persen mahasiswa yang berasal dari Kaltim akan mendapatkan Beasiswa Kaltim Tuntas.

Hingga saat ini, menurut Gubernur Isran Noor, jumlah mahasiswa di Kaltim mencapai 153 ribu orang.

“Kalau terisi sekitar 50 ribu orang maka akan dapat 30-40 persen. Jadi itulah kira-kira bayangan bahwa masyarakat dan anak-anak kita harus mendapatkan dukungan yang kuat dalam hal penyelesaian studi mereka, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Yang paling banyak itu Unmul yang dapat, wajar saja karena masa tuan rumah dapat sedikit,” ujar Gubernur Isran Noor.

Terkait pemindahan dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Bumi Kalimantan Timur, dia meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat, khususnya mahasiswa sebagai generasi penerus pembangunan Kaltim.

Selain itu, Gubernur Isran Noor menyatakan akan menggelar sayembara tulisan tentang IKN untuk 1.000 mahasiswa yang akan mendapatkan Beasiwa Kaltim Tuntas baik dari program S1, S2 dan S3. Hadiahnya, menurut Gubernur Isran Noor, cukup menarik.

“Kalau beasiswa kan sudah dapat, tapi nanti ada hadiahnya yang menarik. Supaya ini kita ingin memberikan informasi yang memadai dan secara ilmiah kepada masyarakat luas, terkait pembangunan IKN,” pungkas Isran Noor. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status