Kamis, 4 Maret 2021 05:37:46

Warga Tanah Datar Poros Bontang Samarinda Perbaiki Jalan Rusak

Ilustrasi

KLIKSAMARINDA – Seolah tak pernah ada ujung, kerusakan jalan di beberapa titik di jalur poros Bontang-Samarinda, Kalimantan Timur, terus terjadi. Warga bosan dengan kondisi sehari-hari menggunakan jalan rusak.

Aktivitas terhambat, kekhawatiran akan celaka di jalan juga mencuat. Warga tak bisa tinggal diam menghadapi fakta yang terjadi.

Seperti kondisi di wilayah Tanah Datar. Jalan rusak bertahun terjadi.

Warga Tanah Datar di jalan poros Samarinda-Bontang, Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara Kalimantan Timur bahkan mendatangkan dua unit alat berat untuk memperbaiki jalan rusak.

Warga mengaku kecewa karena pemerintah selama ini hanya memberi janji perbaikan jalan rusak. Tapi, sekadar janji tak mampu menutupi kerusakan jalan yang terjadi.

Warga setempat mengaku, selain mengganggu aktivitas, jalan rusak juga melahirkan kecemasan akan membahayakan pengguna jalan.

Eko menyatakan, ”khawatir kalau ada truk lewat bisa terbalik.”

Warga tak ambil pusing dengan usaha memperbaiki jalan dengan keroyokan secara swadaya tanpa campur tangan pemerintah.

Menurut risalah Rapat Koordinasi pada 13 Januari 2021 yang bertempat di Kantor Gubernur Provinsi Kaltim yang dihadiri oleh Kepala Biro Infrastrukutr Setda Prov Kaltim, BBPNJ Kaltim, Balai Wilayah Sungai, kepala Dinas Terkait, Camat, Kepala Desa Tanah Datar dan Perwakilan perusahaan-perusahaan sekitar dengan kesimpulan agar perusahaan perusahaan ikut membantu perbaikan dan normalisasi parit yang tersumbat dan menyusun action plan perbaikan serta pihak-pihak yang terlibat dalam perbaikan tersebut.

Risalah rapat juga menyebutkan jalan rusak terjadi sejak 2019 setelah ada aktivitas pertambangan batubara dan pembukaan lahan untuk pemukiman sehingga terjadi penyumbatan parit dan genangan air pada badan jalan.

Pada tahun 2021 jalan nasional ruas Sp. Lempake-Sp.3 Sambera (Depan Kantor Desa Tanah Datar) Kecamatan Muara Badak Kab. Kutai Kartanegara ini sudah disetujui program kegiatan multiyears contract atau MYC perbaikan jalan yang sedang persiapan lelang bulan Februari dan Maret 2021 sudah terkontrak. (*)

Tinggalkan Balasan

error: Terima kasih telah membaca kliksamarinda.com