Turun SK Gubernur, Pimpinan DPRD Samarinda Akan Dilantik | KLIK SAMARINDA
Advertorial Parlementaria

Turun SK Gubernur, Pimpinan DPRD Samarinda Akan Dilantik

Sekretaris DPRD Kota Samarinda, Agus Tri Sutanto

KLIKSAMARINDA – DPRD Samarinda mempersiapkan pelantikan setelah masa orientasi yang berlangsung pada akhir September hingga awal Oktober 2019 lalu berakhir. Rencananya, pelantikan pimpinan definitif untuk periode 2019-2024 akan digelar 9 Oktober 2019 mendatang.

Sekretaris DPRD Samarinda, Agus Tri Sutanto menyatakan, sebelumnya pihaknya masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Kaltim. Itu harus melalui beberapa tahapan.

Maka, menurut Agus, rencananya pada 9 Oktober para pimpinan DPRD Samarinda akan dilantik. Tahapan itu antara lain adalah Rapat Paripurna Penetapan Pimpinan Definif.

Rapat itu telah digelar 24 September lalu. Ketika itu dirinya membacakan struktur pimpinan. Waktu itu sebutannya masih calon, belum merupakan definitif. Pasanya, SK belum keluar.

“Selain itu juga belum pelantikan,” kata Agus, 6 Oktober.

Kemudian, nama-nama calon pimpiman diputuskan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik. Pemenang pemilu dengan raihan suara terbanyak akan menempatkan kadernya pada pucuk pimpinan.

Point of View:  Harapan Anggota Dewan Terhadap APBD 2020, Menuju Samarinda Menjadi Kota Utama Dunia

Dua petahana akan kembali duduk sebagai pimpinan DPRD Samarinda. Namun, dua pimpinan itu akan berganti posisi. Mereka adalah Siswadi dari PDI Perjuangan dan Alphad Syarif dari Partai Gerindra.
Sebelumnya, Alphad adalah ketua, Siswadi wakilnya. Namun, kini Siswadi akan menjadi Ketua dan Alphad menjadi wakil.

Dua pimpinan DPRD Samarinda lainnya adalah Rusdi dari Partai Golkar dan Ahmad Subandi dari PKS. (Adv)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status