Sekretariat DPRD Samarinda Bakal Rutin Tes Urine Pegawai

Sekretaris DPRD Samarinda, Agus Tri Sutanto. (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA – Mencegah penyalahgunaan narkotika, Sekretaris DPRD Samarinda memastikan akan menggelar tes urine bagi pegawai di lingkungannya.

Menurut Sekretaris DPRD Samarinda, Agus Tri Sutanto, program tes urine di Sekretariatan DPRD Samarinda akan dilakukan 2 kali dalam satu tahun.

Menurut Agus Tri Sutanto, tes urine pegawai di lingkungan Sekretariat DPRD Samarinda agar menjaga kualitas dan meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN di lingkup Sekretariatan DPRD Samarinda.

“Rencana kami membuat program berkelanjutan tes urine. Ini untuk memastikan seluruh staf bersih dari narkoba,” ujar Agus Tri Sutanto, Kamis 10 Maret 2022.

Agus Tri Sutanto juga menerangkan, untuk tes urine tersebut akan menggunakan APBD Samarinda. Dalam pelaksanaan tes urine, pihaknya akan bekerja sama dengan Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Samarinda.

Anggaran tersebut akan dicantumkan dalam Perubahan APBD 2022.

“Mudah-mudahan bisa anggarkan. Tes narkoba kemarin itu tidak ada anggaran dari APBD. Namun kami melaksanakan dengan anggaran mandiri,” ujar Agus Tri Sutanto.

Sebelumnya, menurut Agus Tri Sutanto, tes urine di lingkungan Sekretariat DPRD Samarinda hanya menggunakan dana mandiri. Sekretariat DPRD Samarinda melakukan tes urine itu di bulan Februari lalu.

Hasilnya, salah satu staf tenaga non ASN diketahui positif mengandung zat adiktif.

Menanggapi adanya temuan tersebut, Agus Tri Sutanto menekankan untuk memberhentikan sementara staf non ASN yang diketahui positif narkoba. Saat ini, staf tersebut jalani masa rehabilitasi di BNN Kota Samarinda.

“Dalam 30 hari apabila hasil tes urine sudah dinyatakan negatif usai rehabilitas, maka staf non ASN tersebut diizinkan kembali mengabdi di Sekretariat DPRD Samarinda,” ujar Agus Tri Sutanto. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status