Clicky

Tanah Longsor di Area Tambang Kukar, Satu Korban Meninggal Dunia

Foto - Tim SAR

KLIKSAMARINDA – Tanah longsor terjadi di area tambang PT Kaltim Batu Manunggal (KBM), Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bencana itu terjadi Minggu dini hari, 24 Oktober 2021, sekitar pukul 02.00 Wita.

Dua orang karyawan PT Kaltim Batu Manunggal (KBM) yang berada di dalam mobil diduga terseret dan tertimbun tanah longsor hingga masuk ke dalam lubang tambang.

Basarnas Kaltim menerima informasi tentang kejadian itu dari Kepala Bagian Human Relations PT KBM, Yusdi pada Minggu pagi pukul 09.15 Wita.

Dari laporan itu, diketahui dua orang menjadi korban. Keduanya adalah Kepala Teknik Tambang (KTT), Sugiharto (50) warga Jalan Monas, Loa bakung, serta Konsultan Engginering, Paiman (48) warga Dusun Tani RT 42.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta mengatakan pihaknya mendapatkan laporan bahwa adanya kejadian longsor di PT KBM, dari salah satu kepala HR PT KBM, Yusdi.

“Laporan itu kami dapat sekitar pukul 09.00 Wita dari salah kepal HR PT KBM. Kami langsung menindaklanjuti laporan tersebut,” ujar Melkianus Kotta, melalui keterangan tertuli, Minggu siang, 24 Oktober 2021.

Tim SAR langsung menuju lokasi kejadian pada pukul 09.45 Wita. Estimasi perjalanan menuju TKP sekitar 2 jam.

Basarnas didukung pihak Polsek Batuah serta tim dari PT KBM mulai melakukan pencarian hingga Minggu sore.

“Pada pukul 16.15 WITA, Tim SAR Gabungan menemukan korban Sugiharto dalam kondisi meninggal dunia mengapung di kolam tambang,” ujar Melkianus Kotta.

Selanjutnya korban dibawa ke RS I.A Moeis di Samarinda, Kaltim, untuk visum. (*)

DMCA.com Protection Status