News

Sebanyak 6 Bangunan Kebakaran di Jalan P Antasari Samarinda Ulu

KLIKSAMARINDA – Sebanyak 6 bangunan di Jalan Pangeran Antasari Gang 9 RT 5, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Samarinda Ulu, terbakar pada Kamis sore, 28 Desember 2023. Musibah kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 16.30-18.00 Wita.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Samarinda mencatat bangunan yang terbakar terdiri dari 1 rumah tunggal, 4 bangsal berjumlah 14 pintu, dan 1 kos dengan 5 pintu. Total luas area yang terbakar mencapai 30 x 50 meter.

“Area terbakar total 6 bangunan dengan rincian 1 rumah tunggal, 4 bangsalan 14 pintu, 1 bangunan kos 5 pintu. Luas area terbakar 30 x 50 meter,” demikian keterangan tertulis Disdamkar Samarinda.

Akibat kebakaran ini, ada sekitar 20 kepala keluarga (KK) dengan total 56 jiwa yang menjadi korban kehilangan hunian. Tidak ada korban luka atau meninggal dalam insiden ini.

Diduga penyebab awal kebakaran berasal dari bagian dapur salah satu bangunan. Namun, penyelidikan lebih lanjut masih dilakukan pihak kepolisian.

Dalam operasi pemadaman, Damkar Kota Samarinda mengerahkan personel dan peralatan dari 5 posko pemadam kebakaran yang berada di wilayah terdekat dari lokasi kejadian. Selain itu, turut mendukung personel dari relawan siaga bencana.

Dari sisi keamanan, kepolisian juga langsung mengerahkan anggota dari Polsek Samarinda Ulu, Bhabinkamtibmas, hingga Patroli Beat 110 untuk pengamanan di sekitar lokasi kebakaran. Sementara dari sisi medis, bantuan juga diberikan oleh PMI, Samarinda Siaga 112, dan tim medis darurat lainnya.

Kapolsek Samarinda Ulu AKP Yasir mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pencegahan bahaya kebakaran. Terutama berkaitan penggunaan kompor gas yang wajib dipastikan padam setelah memasak.

“Kami masih melakukan penyelidikan terkait kejadian kebakaran, dan kami juga sudah minta keterangan beberapa saksi di sekitar lokasi kejadian,” ucap Kapolsek melalui keterangan tertulis, Kamis malam.

Berkat kerja sama semua pihak, insiden kebakaran ini dapat dipadamkan dalam waktu 1,5 jam. Korban terdampak kebakaran juga mendapatkan bantuan dari pemerintah dan warga sekitar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status