Clicky

Kebakaran di Ujoh Bilang Mahulu, Kantor PUPR Terbakar

KLIKSAMARINDA – Musibah kebakaran melanda perkantoran dan pemukiman warga di Ujoh Bilang, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Peritiwa terjadi di RT 04, Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Sabtu pagi, 29 Mei 2021, sekitar pukul 05.30 WITA.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kebakaran telah menghanguskan sedikitnya 12 bangunan (rumah) warga yang rerata terbuat dari kayu. Api juga mengancurkan bangunan Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU-PR) dan Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Ujoh Bilang.

Aparat Polsek dan Koramil Long Bagun dibantu mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Mahulu bersama warga berupaya memadamkan api. Pemadaman berlangsung hingga api padam sekitar pukul 07.30 WITA.

”Benar telah terjadi kebakaran besar di Ujoh Bilang,” ujar Kapolsek Long Bagun, AKP Purwanto kepada wartawan.

Camat Long Bagun, Yason Liah menjelaskan, pemadam kebakaran mampu mematikan api dan melakukan pendinginan

“Pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam,” ujar Yason Liah.

Yason Liah belum dapat memastikan penyebab kebakaran. Pihak Polres Kubar dan Polsek Long Bagun telah melakukan identifikasi untuk mengetahui penyebab dan asal api.

Menurut Yason Liah, api diperkirakan muncul dan membesar pada subuh menjelang pagi, sekitar pukul 05.30 WITA. Pada pukul 07.30 WITA, api sudah bisa dikendalikan.

Camat Yason Liah menuturkan, sedikitnya 12 bangunan habis terbakar. Termasuk Kantor Dinas Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat dan Kantor Cabang BRI Ujoh Bilang terbakar. Hingga Sabtu siang, pihaknya masih melakukan pendataan jumlah kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggal. (*)

DMCA.com Protection Status