Pemkot Samarinda Kembangkan Sektor Pertanian Demi Ketahanan Pangan

Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat penyerahan bantuan pertanian dalam acara “Temu Tani”, di Bantuas Palaran, Kamis 4 Agustus 2022. (Foto: Dok)

KLIKSAMARINDA – Pemkot Samarinda memberikan bantuan sektor pertanian di RT 09, Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Bantuan berupa bibit siap tanam, pupuk, hingga alat pertanian bagi petani Bantuas ini untuk mendorong program ketahanan pangan Kota Samarinda.

Penyerahan bantuan langsung dilakukan Wali Kota Samarinda, Andi Harun dalam acara “Temu Tani”, Kamis 4 Agustus 2022. Penyerahan bantuan sarana produksi juga alat Pertanian di perbatasan Samarinda dan Kutai Kartanegara ini merupakan dukungan Pemkot Samarinda terhadap daya produksi petani yang merupakan misi Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Tujuannya agar ke depan, kota Tepian tidak lagi bergantung pada suplai pangan dari luar wilayah.

Saat ini, tercatat prosentasi beras asal Samarinda baru memenuhi sebesar 17 persen. Selama ini masih bergantung dengan beras Sulawesi dan Jawa Timur.

Padahal, luas lahan pertanian kota Samarinda tercatat 800 hektar lebih. Sementara pemanfaatan lahan baru sekitar 70 hektar.

Karena itu, Wali Kota Andi Harun menjelaskan bahwa bantuan – bantuan seperti ini akan terus dianggarkan melalui APBD setiap tahunnya dengan tujuan untuk memenuhi ketahanan pangan Kota Samarinda.

“Akan menyokong percetakan sawah dan bibit unggul yang dapat menghasilkan beras secara maksimal,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Peran Pemkot Samarinda dalam upaya mendorong kemandirian pangan mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Danramil Palaran. Menurut Wadanramil 0901-04/Palaran, Kapten Inf Sujadi pihaknya memberikan apresiasi apa yang menjadi kebijakan pemerintah Kota Samarinda.

Terutama di bidang pertanian yang memang perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

“Saya anggap kegiatan pertanian adalah hal yang prioritas. Kami sebagai aparat teritorial akan selalu bersinergi mendampingi para petani guna menunjang program swasembada pangan nasional,” ujar Kapten Inf Sujadi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status