Merebak Wabah Corona di Samarinda, Anggota DPRD Minta Pemerintah Perhatikan Kondisi Ekonomi Warga | KLIKSAMARINDA
Parlementaria

Merebak Wabah Corona di Samarinda, Anggota DPRD Minta Pemerintah Perhatikan Kondisi Ekonomi Warga

Anggota DPRD Samarinda, Damayanti (Foto: Dok)

KLIKSAMARINDA – Kondisi ekonomi di tengah wabah global virus corona (Covid-19) menjadi perhatian anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda. Pasalnya, masyarakat akan sangat terbebani dengan aturan social distancing yang dikeluarkan pemerintah sementara masyarakat juga memerlukan upaya untuk mencari nafkah di luar rumah.

Menurut anggota DPRD Samarinda dari Partai Kebangkiran Bangsa, Damayanti, faktor ekonomi dianggap sangat penting untuk pekerja harian. Karena yang paling berdampak dengan adanya Covid-19 ini adalah pekerja harian lepas dan juga UMKM (usaha mikro kecil dan menengah).

Menurut Damayanti, pemerintah perlu mengantisipasi agar persoalan Covid-19 tidak berimbas lebih besar kepada masyarakat. DPRD dan pemerintah kota, menurutnya dapat merelokasikan APBD yang ada sehingga memberikan subsidi yang terbaik untuk masyarakat.

Masalah ekonomi masyarakat ini harus cepat diatasi karena menjelang Ramadhan, di mana seperti biasanya kebutuhan rumah tangga meningkat. Tahun sebelumnya kan terjadi kenaikan harga. Tapi di sisi lain, pendapatan dan daya beli masyarakat berkurang. ini perlu solusi,” ujar Damayanti.

Dengan tegas, Damayanti meminta agar pemerintah melakukan pengawasan harga dan antisipasi terhadap problem sosial sehingga tidak ada ketimpangan harga-harga bahan pokok.

“Sebagai anggota DPRD kami mempunyai wewenang dan tanggung jawab yang besar sebagai fungsi pengawasan. Setelah 14 hari ini bisa terjun langsung ke pasar-pasar dan memantau harga di pasar dalam rangka memantau langsung harga sembako dan harga-harga barang lain yang ada di pasar,” tuturnya.

Point of View:  Dukungan Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi, Untuk Desa Sadar Kerukunan

Meskipun demikian, Damayanti tetap mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Samarimda terhadap pencegahan penularan Covid-19. Anggota DPRD dari PKB itu menginginkan pemerintah kota Samarinda mengambil sikap yang cepat dan tegas untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pemerintah dengan menghentikan kegiatan belajar mengajar (KBM) dan itu sangat membantu untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Semoga wabah ini cepat berlalu sehingga kita bisa beraktivitas seperti biasa dan menyambut bulan Ramadhan dengan ikhtiar dan lebih baik lagi,” ujar Damayanti. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status