Clicky

Irwan Optimis Banjir Samarinda Akan Teratasi

KLIKSAMARINDA – Anggota DPR RI dapil Kaltim, Irwan mengaku optimis akan adanya perbaikan penanganan banjir di Ibu Kota Provinsi Kaltim, Samarinda. Optimisme ini disampaikan Irwan ketika meninjau pembangunan penguatan tebing Sungai Karang Mumus, Jumat 29 Oktober 2021, berama jajaran Badan Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Samarinda.

Irwan beralasan, perbaikan penanganan banjir Samarinda akan terjadi setelah tiga pihak turut bergotong royong memberikan perhatian penuh terhadap langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi banjir di Samarinda.

Ketiga pihak itu antara lain pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR dan Badan Wilayah Sungai dengan membangun penguatan tebing Sungai Karang Mumus, Pemerintah Provinsi Kaltim melalui pembiayaan normalisasi Sungai, dan Pemkot Samarinda melalui pembangunan Sub DAS hulu Sungai Karang Mumus melalui penanganan tanggul dan pembangunan kolam retensi.

Menurut Irwan sinergitas pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjadi kunci penyelesaian banjir Samarinda. Progres pekerjaan perkuatan tebing Sungai Karang Mumus sebagai bagian dari program pengendalian banjir Samarinda.

”Jika semuanya akur, Insyaalloh tuntas masalah banjir Samarinda ini,” ujar Irwan.

Bersama Balai Wilayah Sungai Prov Kaltim, Kementerian PUPR Irwa melihat langsung di lapangan segment Pasar Segiri yang menjadi bottleneck selama ini dan menyumbang banjir dalam kota Samarinda.

Irwan menerangkan, tahun 2022 ada pekerjaan penguatan tebing sungai sepanjang 517 meter. Tahun 2022 akan dilanjutkan pekerjaan yang sama sepanjang 550 meter.

Selain itu dibangun water master untuk alat turun dan dermaga untuk aktifitas pedagang dan pelanggan serta loading dock.

”Pengejaan tebing sungai sepanjang 517 meter sudah 94 persen. Tahun ini Rp39 miliar,” ujar Irwan.

Irwan berharap jika semua fokus dan kerja dengan hati dan jiwa maka masalah banjir Samarinda bisa teratasi lebih baik lagi. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com