Clicky

Ini Update Data Desa Wisata di Kaltim Tahun 2021

KLIKSAMARINDA – Dinas Pariwisata Kalimantan Timur menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Pariwisata yang diikuti 10 Kabupaten / Kota se Kalimantan Timur dan mitra kerja pariwisata. Kegiatan Rakornis ini berlangsung selama 3 hari mulai 2-4 Juni 2021 lalu.

Dalam laporan penyelenggaraan Rakornis Bidang Pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur, Sri Wahyuni menyebutkan, tema Rapat Koordinasi Teknis Pariwisata Kabupaten Kota se Kaltim Tahun 2021 adalah “Pengembangan Desa Wisata Pada Masa Pandemi di Kaltim”.

Menurut Sri Wahyuni, alasan pengambilan tema tersebut adalah bahwa Desa wisata atau rural tourism telah menjadi tren pariwisata dunia di masa pandemi. Tak hanya itu, pengembangan desa wisata di Indonesia juga berpotensi membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur, Sri Wahyuni – Foto Dok IST

“Tema Rakornis Pariwisata kali ini adalah Pengembangan Desa Wisata Masa Pandemi untuk Kaltim Berdaulat. Tema ini sengaja kami pilih karena pada masa pandemi berwisata aman adalah berwisata di Kaltim saja. Wisata domestik akan menjadi primadona. Dan salah satu destinasi yang bisa kita lakukan penguatan oleh Pemprof dan Pemerintah Kab/Kota yaitu melalui pengembangan desa wisata,” ujar Sri Wahyuni.

Selaras dengan Kadispar Kaltim, Gubernur Kaltim diwakili Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman dalam sambutan menyampaikan, saat ini di Kaltim ada sebanyak 63 Desa Wisata. Terdiri dari Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Maju, dan Desa Wisata Mandiri.

Dari 75 ribu desa di Indonesia, sebanyak 244 desa wisata dikembangkan menuju desa wisata mandiri. Di Provinsi Kalimantan Timur terdapat 4 desa wisata menuju mandiri, antara lain: Desa Pela di Kota Bangun dan Desa Tani Bhakti di Loa Janan, Kutai Kartanegara, Desa Merasa, Kelay, Kabupaten Berau, Desa Mentawir, Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara.

”Desa-desa Wisata tersebut harus terus dikembangkan agar memberikan manfaat yang seluas-luasnya untuk kesejahteraan masyarakat di desa wisata, di samping tetap mempertahankan seni budaya, tradisi, adat-istiadat, maupun kondisi alam setempat. Semoga melalui Rakornis Bidang Pariwisata ini dapat disatukan kesamaan persepsi dan koordinasi yang baik dari pihak-pihak terkait kepariwisataan di Kaltim untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang ada.” ujar Ardiansyah Sulaiman.

Nah, Kalimantan Timur per Tahun 2021 memiliki 63 Desa Wisata yang tersebar di Kabupaten/Kota.
Balikpapan 1
Berau 10
Bontang 5
Kutai Barat 8
Kutai Kartanegara 13
Kutai Timur 13
Samarinda 4
Penajam Paser Utara 2
Paser 6
Mahakam Ulu 1

Berikut link data 63 Desa Wisata yang tersebar di Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur per Tahun 2021.

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com