KLIKSAMARINDA | Ini Langkah-Langkah Preventif BKD Kaltim Cegah Penyebaran Covid-19
Provinsi Kaltim

Ini Langkah-Langkah Preventif BKD Kaltim Cegah Penyebaran Covid-19

penyemprotan disinfektan bkd kaltim

KLIKSAMARINDA – Upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di Kalimantan Timur (Kaltim) gencar dilakukan pelbagai pihak. Tak terkecuali oleh instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

Seperti yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim dengan melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19 dalam berbagai kegiatan. Seperti penerapan protokol kesehatan dengan ketat ketika pelaksanaan kegiatan yang melibatkan banyak orang.

pemeriksaan suhu tubuh

Kepala BKD Kaltim, Diddy Rusdiansyah saat menjalani cek suhu tubuh sebelum mengikuti prosesi pelantikan pegawai Jabatan Fungsional, Kamis, 16 Juli 2020 di Kantor BKD Kaltim, Jalan M. Yamin Samarinda (Foto: Ist)

Misal, saat pelantikan pejabat atau seleksi dan assesment calon pejabat. Protokol kesehatan yang diterapkan saat acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pejabat fungsional di lingkungan Pemprov Kaltim, di Ruang Rapat Lantai III Kantor BKD Provinsi Kaltim, Kamis 16 Juli 2020.

Tak hanya itu, seluruh pegawai di lingkungan BKD Provinsi Kaltim juga memeriksakan diri melalui Rapid Test (tes cepat) untuk mendeteksi secara dini kesehatan diri. Kegiatan ini berlangsung serentak pada Jumat 17 Juli 2020 bekerjasama dengan UPT Labkes Prov Kaltim. Screening rapid test covid-19 ini sebagai upaya untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja BKD di tengah adaptasi kebiasaan baru.

rapid test BKD Kaltim

Pemeriksaan kesehatan jajaran pegawai BKD Kaltim, Jumat 17 Juli 2020 (Foto: Ist)

Secara khusus, BKD Kaltim berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan kantor BKD Kaltim, Jalan M. Yamin, Samarinda pada Minggu 19 Juli 2020. Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh menyasar lima lantai Kantor BKD Kaltim.

Kepala BKD Kaltim, Diddy Rusdiansyah menyatakan, upaya ini bertujuan untuk memperketat protokol kesehatan dan sebagai upaya preventif penyebaran virus Covid 19.

“Semoga ihktiar kita ini menjadikan kita bebas Covid-19,” ujar Diddy Rusdiansyah.

Selain kantor BKD, penyemprotan juga dilakukan pada dua kantor di bawah naungan BKD, yakni Kantor UPT Penilaian Kompetensi Jalan Kartini dan Kantor Sekretariat DP Korpri Kaltim Jalan Bhayangkara.

Sekretaris BKD Prov Kaltim, Nina Dewi memimpin langsung kegiatan penyemprotan disinfekatan tersebut didamping staf bagian Sekretariat BKD Kaltim. Menurut Nina Dewi, penyemprotan disinfektan merupakan komitmen pemerintah untuk mendukung pencegahan dan penyebaran Covid 19, khususnya di lingkungan kerja BKD Kaltim.

“BKD juga rutin melakukan serangkaian langkah preventif lainnya terhadap bahaya Virus Corona, seperti pengecekan suhu tubuh saat masuk kantor, penyediaan cairan pembersih tangan/hand sanitizer di berbagai sudut ruangan, serta penerapan kebijakan kerja dari rumah (Work from home).

Tak hanya itu, gelombang pandemi Covid-19 belum berakhir hingga pertengahan Juli 2020. Namun aktivitas tetap terus berlangsung dengan catatat tetap mematuhi protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, mepakai masker, dan menjaga jarak, telah menjadi kebiasaan baru di tengah aktivitas sehari-hari. (*)

DMCA.com Protection Status