Pemkab Kutai Kartanegara

Desa Purwajaya Kukar Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan dari Pemkab Kukar

KLIKSAMARINDADesa Purwajaya, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) gencar membangun infrastruktur. Kepala Desa Purwajaya Adi Sucipto mengatakan pihaknya kini mengutamakan program pembangunan infrastruktur seperti yang tercantum dalam RPJMD Kukar 2021-2026.

Adi menjelaskan, pembangunan infrastruktur di Desa Purwajaya bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan menghubungkan antar wilayah. Sebab, infrastruktur jalan dan jembatan sangat dibutuhkan guna mendukung mobilitas warga yang masih mengandalkan akses jalan darat.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Kukar yang telah memberikan prioritas pembangunan infrastruktur jalan di desa kami,” ujar Adi saat ditemui di Purwajaya, Minggu 29 Oktober 2023.

Menurut Adi, pembangunan infrastruktur ini penting dilakukan agar aktivitas warga Purwajaya dapat berjalan lancar. Salah satu infrastruktur vital yang tengah dibangun adalah jalan penghubung antar wilayah di Purwajaya.

Jalan penghubung antar wilayah ini kerap dimanfaatkan warga sebagai jalan alternatif. Sehingga, pembangunannya perlu diprioritaskan guna memberikan kemudahan mobilitas bagi masyarakat Purwajaya.

“Untuk memberikan kelancaran aktivitas warga pengguna jalan, kami juga membangun jembatan penghubung antar wilayah,” imbuh Adi.

Pembangunan jembatan dinilai penting mengingat banyak wilayah di Purwajaya yang masih berupa perkampungan dan dipisahkan sungai. Jembatan penghubung diperlukan agar distribusi logistik dan mobilitas warga tidak terhambat.

Dikatakan Adi, anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di desa Purwajaya berasal dari APBD Kukar. Pemerintah desa berkoordinasi dengan Pemkab Kukar untuk merealisasikan proyek strategis ini.

Selain jalan dan jembatan, Pemerintah Desa Purwajaya juga tengah menggiatkan pembangunan infrastruktur irigasi. Hal ini guna mendukung sektor pertanian yang menjadi mata pencaharian utama warga.

Dengan memperhatikan pembangunan infrastruktur, diharapkan kualitas hidup masyarakat Desa Purwajaya dapat meningkat. Mereka bisa dengan leluasa melakukan aktivitas dan mengembangkan potensi ekonomi yang ada.

Purwajaya merupakan salah satu desa di Kukar yang mendapat prioritas pembangunan infrastruktur. Hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk membangun daerah hingga ke pelosok desa.

Pembangunan dilakukan secara merata agar seluruh warga mendapatkan akses layanan publik dan kesempatan yang sama dalam meningkatkan kesejahteraan. Ketersediaan infrastruktur yang memadai menjadi kunci penting mewujudkan keadilan. (Adv/DiskominfoKukar)

Back to top button
DMCA.com Protection Status