Clicky

BKD Kaltim Fasilitasi Uji Kompetensi ASN Kubar

Kepala BKD Prov Kaltim Diddy Rusdiansyah memantau pelaksanaan Jobfit PPT Pratama Pemkab Kubar.

KLIKSAMARINDA – UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai (PKP) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltim kembali dipercaya untuk memfasilitasi uji kompetensi (ukom) bagi pejabat ASN. Uji kompetensi kali ini berupa assessment Job Fit (uji kesesuaian) bagi para ASN pejabat eselon II atau Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Wakil Bupati Kubar, Edyanto Arkan membuka ukom bagi PPT Pratama di lingkungan Pemkab Kubar, di Ruang CAT Kantor UPTD PKP Jalan Kartini, Nomor 13, Samarinda, Senin 6 September 2021.

”Uji kompetensi ini untuk mengetahui apakah seorang pejabat sudah cocok di bidang sesuai karakternya, dan seperti apa langkah untuk menghadapi tantangan kedepan yang semakin berat,” ujar Edyanto Arkan ketika membuka ukom didampingi Sekretaris Daerah kabupaten Kubar, Ayonius dan Asisten III H Achmad Sofyan.

Wabup Edyanto Arkan berpesan kepada peserta bahwa ekspektasi masyarakat kini sudah semakin tinggi sehingga pemerintah dituntut untuk harus lebih baik lagi ke depannya, layaknya berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kualitas bagi pejabat ASN.

Tak lupa, Wabup Edyanto Arkan atas nama Pemkab Kubar juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Kaltim melalui BKD Kaltim yang sudah menyediakan tempat untuk melaksanakan uji kompetensi.

“Terimakasih kepada para assessor yang telah membantu kami untuk mendapat gambaran paserta assessment, tes ini merupakan alat bagi kami untuk memberikan penilaian kompetensi teknis maupun non teknis,” ujar Wabup Edyanto Arkan.

Sekda Kubar, Ayonius mengungkapkan kegiatan assessment terhadap peserta jobfit sudah dilakukan setahun yang lalu, sehingga saat ini harus segera di evaluasi kembali khususnya terhadap pejabat yang telah lama menjabat di perangkat daerah.

“Kalau terlalu lama di OPD kinerja mereka sehingga pak bupati nanti bisa menentukan sikap kedepan apakah nanti akan terjadi pergeseran jabatan, tentunya sesuai kemampuannya. Nanti akan kita diskusikan lagi dengan pak bupati setelah hasil uji jobfit kita dapatkan,” ujar Ayonius.

Ayonius berharap agar hasil ukom nantinya bisa menambah semangat kinerja mereka (pesertajobfit-red) kedepan untuk membangun daerah khususnya di Kabupaten Kubar dan Provinsi Kaltim secara umum.

Kepala BKD Provinsi Kaltim, Diddy Rusdiansyah, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Kubar yang telah mempercayakan assessment jobfit kepada UPTD PKP. Menurut Diddy Rusdiansyah hal ini adalah termasuk bagian dari upaya dalam meningkatkan kualitas UPTD PKP sendiri.

“Siapapun yang ingin menggunakan jasa UPTD PKP, kita siap memfasilitasi, Alhamdulillah saat ini kita cukup sibuk karena UPTD PKP semakin ramai dan dipercaya,” ujar Diddy Rusdiansyah yang hadir memantau kegiatan assessment jobfit tersebut.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi yang kredibel apakah seorang pejabat sudah cocok di bidangnya sesuai dengan karakter dan kemampuannya. Selain, menjalankan amanat PP Nomor 17 Tahun 2020 tentang pengelolaan uji kompetensi melalui mutasi dan rotasi.

Kepala UPTD PKP, Yuli Fitriyanti menerangkan, peserta jobfit PPT Pratama Kabupaten Kubar berjumlah 20 orang. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 6-8 September 2021 dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (Nick)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com