Clicky

Sabtu, 16 Januari 2021

Banjir di Desa Bakungan Kukar Rendam 10 Rumah

Banjir di Bakungan, Kukar, Jumat 1 Januari 2021. Foto Ist

KLIKSAMARINDA – Banjir melanda kawasan Jalan Tunas Pandan, Dusun Jahuq, Desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara Prov Kalimantan Timur, Jumat 1 Januari 2021. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kukar, banjir terjadi sejak pukul 09.00 WITA.

Dalam laporan BPBD Kukar, air mulai naik sejak Kamis malam 31 Desember 2020 pukul 22.00 WITA hingga Jumat pagi hari, 1 Januari 2020. Banjir menggenangi sejumlah kawasan pemukiman dengan kedalaman kurang lebih satu meter.

Point of View:  Kader Ulama Samarinda Banyak Peminat Dari Luar

Komandan Regu 3 BPBD Kukar, Achmad Sudirman menyampaikan, pihaknya telah berupaya melakukan evakuasi dan membantu warga yang terdampak banjir bersama para relawan dan aparat setempat. Sementara itu, tercatat ada 10 rumah yang terkena banjir, dengan jumlah 14 KK, dengan total 45 jiwa.

’Kami semaksimal mungkin mengevkuasi warga dan membantu mereka yang terdampak banjir,’ ujar Achmad Sudirman, Jumat sore.

Evakuasi warga terdampak banjir di Desa Bakungan, Kukar, Jumat 1 Januari 2021.

Kepala Desa Bakungan, Arlusdiansyah menyatakan, warga yang terdampak banir terdapat dua wilayah yang rawan banjir.

Point of View:  Palm Kernel dari Berau Kaltim Siap Ekspor ke Malaysia

’Di Bakungan ini ada dua tempat yang rawan banjir. Pertama Jahuq dan Manggis. Sekarang banjir di RT 20, Desa Bakungan,’ ujar Arlusdiansyah.

Sejumlah aparat dan relawan turut serta dalam upaya menanggulangi dampak banjir. Mulai dari perangkat desa, bhabinkamtibmas, babinsa, TRC BPBD Kukar, Pemadam Loa Janan, Relawan Pemuda Mahakam Rescue, Relawan Damba, Relawan Sahabat, Relawan Mandiri, Relawan Lembuswana, Relawan Gmfkppi, Relawan Sigap, Relawan Damkar Junior.

Menurut realawan setempat, Darmanto Darman, banjir di beberapa titik di wilayah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kukar.

Point of View:  Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kaltim Turun, Andi Minta Masyarakat Tetap Disiplin

’Salah satunya yang bisa kami susuri dan membantu evakuasi warga yang tekena banjir rumahnya yaitu di Dusun Jahuq Desa Bakungan dan Dusun Gintung, Desa Loa Duri Ulu,’ ujar Darmanto, Jumat malam.

Hingga Jumat malam, BPBD Kukar dan para relawan terus melakukan pendataan dan evakuasi warga yang menjadi korban banjir. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Content is protected !!