Clicky

Webinar JNE, Pacu Bisnis Online Bontang Perluas Pasar Digital

KLIKSAMARINDA – JNE mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021- Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Bontang, 12 Oktober 2021. Melalui webinar online ini diharapkan UKM di Indonesia, khususnya di Bontang, dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global. Gelaran webinar ini dibuka oleh Jose Junior selaku JNE Head of Regional Kalimantan.

“Beberapa usaha justru bisa hidup di masa pandemi, justru kalau kita bisa beradaptasi dengan teknologi kita akan survive kedepannya tak hanya untuk saat ini tapi juga berkembang di level nasional bahkan mancanegara,” ujar Jose Junior.

Jose Junior berharap gelaran webinar ini mampu memberikan ilmu menarik bagi para pelaku UKM untuk bisa naik kelas dan go global.

Lebih lanjut Romi Chandra selaku Branch Manager JNE Bontang menyampaikan beragam upaya yang dilakukan oleh JNE ketika pandemi dalam hal pemberdayaan UKM Indonesia.

“Saat ini kita bekerjasama dengan stakeholder seperti Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bontang, dan Dinas Koperasi UMKM Kota Bontang. Pemerintah daerah juga mensupport kegiatan JNE yang diharapkan bersinergi dengan UMKM yang ada.”, ujar Romi.

Mendukung kelancaran bisnis UKM Bontang di era pandemi, Romi mengungkap beragam program promo dan layanan seperti pick up gratis tanpa minimal pengiriman diberlakukan. Pihaknya mengungkap komitmen JNE Bontang dalam mendukung UKM yang ada sejalan dengan tagline Connecting Happiness.

Hadir sebagai pembicara dari pelaku UKM Bontang, Nurul Hikmah selaku Owner Basecamp Craft mengisahkan awal mula dirinya membangun Basecamp Craft, usaha kerajinan tangan ini dimulai sejak 2018 dengan menghadiri beragam expo dan pameran.

Saat ini, pandemi yang hadir justru mendorong Nurul untuk tak henti berinovasi. Salah satu diversifikasi produk yang dipilihnya adalah produksi mainan anak-anak yang disebutnya DIY “Do It Yourself”. Ide kreatif ini berangkat dari kekhawatiran orang tua disekitarnya yang mengeluhkan kondisi anak-anaknya selama pandemi yang cenderung lekat dengan telefon genggam.

Tak berhenti di situ saja, Basecamp Craft saat ini juga memproduksi masker dan pengaitnya atau yang kerap dikenal sebagai strap mask. Personalisasi pelanggan dengan disediakannya custom order menjadi nilai plus usaha Nurul yang terus dibanjiri pelanggan.

“Saat pandemi kemarin kita tiba-tiba fleksibel, fleksibel melihat kesempatan apa yang akan kita ambil dan berdiri atas keinginan sendiri,” ujar Nurul.

Mampu melihat peluang menjadi strategi yang tak bisa dilepaskan di masa krisis. Hal ini menjadi penentu keberlanjutan usaha yang dijalankan oleh para UKM. Oleh karenanya, fleksibilitas, kreativitas dan inovasi menjadi karakter yang harus melekat pada pelaku UKM di tengah masa krisis.

Hal ini sejalan dengan ungkapan Eweid selaku Owner Batik Beras Basah Bontang. Melihat kelangkaan jumlah masker di pasaran, Eweid sempat memproduksi beragam motif masker non-medis, hal ini kemudian didistribusikannya pada pasar pemerintahan dan perusahaan.

Selain menangkap peluang, Ewied menilai pentingnya menargetkan pasar untuk menunjang pemasaran digital agar tepat sasaran.

“Kita punya usaha pasti kita punya target untuk marketnya. Kita harus pahami dulu sebenernya produk kita seperti apa, jadi kita tau tujuan targetnya ke mana,” ujar Ewied.

Bagi Ewied menyelami produk sendiri dan meningkatkan product knowledge menjadi penting dalam halnya menargetkan pasar yang cocok untuk usahanya. Ewied menambahkan selain strategi digital marketing, pihaknya aktif berkolaborasi untuk memperluas pasar.

“Kita berkolaborasi dengan perusahaan, dinas pemerintahan, bahkan mengikuti fashion show, ini jadi ajang promosi untuk market kita. Jalan yang harus kita tempuh supaya hasil karya tetap berjalan,” ujar Ewied pada gelaran JNE Ngajak Online 2021 Kota Bontang.

Sebagai informasi, Bontang merupakan kota ke-51 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 yang sebelumnya telah dilakukan di Palu. Gelaran webinar ini turut hadir dalam rangka memperingati hari jadi kota Bontang yang ke-22 pada 12 Oktober 2021.

Setelah Kota Bontang, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Yogyakarta pada 14 Oktober 2021. Roadshow di 60 kota di seluruh Indonesia, JNE Ngajak Online 2021 dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate. (*)

DMCA.com Protection Status