Clicky

Wali Kota Andi Harun Sidak Penunggak Pajak

KLIKSAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun menunjukkan atensi terhadap pendapatan asli daerah. Bentuk atensi itu adalah langsung mendatangi para penunggak pajak restoran di Kota Samarinda.

Bersama Kepala Dinas Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda Kota Samarinda, Hermanus Barus, Wali Kota Andi Harun berserta rombongan langsung melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke sejumlah Restoran yang berada di wilayah IV, Jalan Lambung Mangkurat, Kecamatan Samarinda Ilir. Sidak berlangsung Rabu siang, 10 Maret 2021.

Di wilayah tersebut, Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda (Bapenda) menemui fakta para pelaku usaha restoran dan pedagang di Samarinda yang mangkir dari kewajiban membayar pajak. Dua di antaranya adalah restoran Husain D’Resto dan Aziz pemilik Bakso Solo yang berada di Jalan Lambung Mangkurat.

Kedua wajib pajak tersebut menunggak pajak jenis Pajak Reklame, Pajak Restoran, dan Pajak Parkir.

Menurut Wali Kota Andi Harun, peran PAD sangat penting dalam mendorong laju pembangunan kota Samarinda. Satu sumber PAD tersebut adalah pajak dari para pelaku usaha seperti restoran.

Wacana lain Utak-Atik Wali Kota Menggagas Kebersihan Samarinda

“Singkatnya salah satu meningkatkan pembangunan yang ada di Kota Samarinda bersumber dari Pajak, Pemerintah dalam rangka mewujudkan otonomi daerah yang nyata dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, jadi anda sebagai wajib pajak harus pajak pajak sesuai aturan,” ujar Wali Kota Andi Harun kepada pemilik restoran.

Wali Kota Andi Harun menyatakan, akibat pandemi Covid-19, Pemerintah memahami keadaan ekonomi sekarang yang lagi tertekan oleh itu pihaknya melakukan sosialisasi PAD karena PAD merupakan sumber indikator kekuatan keuangan pemerintah yang mandiri.

”Bila kita ingin PAD kita dari tahun ke tahun meningkat, ini merupakan salah satu tindakan kami yaitu melakukan tindakan pendekatan ungkap ujar Wali Kota Andi Harun.

Tujuan lainnya, menurut Wali Kota Andi Harun, adalah menyatukan persepsi dalam menyikapi berbagai permasalahan yang muncul dalam perkembangan pemungutan pajak serta untuk mendapatkan masukan dan saran dari pemilik itu sendiri. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status