NewsPemkab Kutai Kartanegara

Sekda Kukar Presentasi RDTR WP Jonggon dan Koridor Sanga Sanga-Muara Jawa di Jakarta

KLIKSAMARINDA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono, memaparkan rencana Pemerintah Daerah terkait Rancangan Peraturan Kepala Daerah (Raperkada) tentang Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) untuk Wilayah Perencanaan (WP) Jonggon dan WP Koridor Sanga Sanga-Muara Jawa.

Paparan Sekda Sunggono tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektor yang digelar di Hotel Grand Sheraton, Jakarta, pada Rabu, 20 Maret 2024.

Dalam paparannya, Sekda Sunggono menyampaikan bahwa WP Jonggon merupakan sentra pertanian yang dilayani oleh perkotaan Loa Kulu sebagai Pusat Kegiatan Lokal (PKL) di arah timur dan perkotaan Kota Bangun sebagai Pusat Pelayanan Kawasan (PPK) di arah barat.

WP Jonggon juga dihubungkan dengan Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) Utara melalui jalan Lokal Primer.

“Tujuan dari penataan WP Jonggon ini adalah untuk mewujudkan WP Jonggon sebagai Mitra IKN Berbasis Agro Industri dan Kawasan Pendidikan yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan,” ujar Sunggono.

Lebih lanjut, Sekda Sunggono menjelaskan bahwa jarak dari pusat WP Jonggon ke ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Tenggarong) sekitar 67 km, jarak ke Kota Samarinda sekitar 94 km, sedangkan jarak terdekat ke kawasan IKN adalah ke WP IKN Utara.

Sementara itu, untuk WP Koridor Sanga Sanga-Muara Jawa, Sunggono memaparkan bahwa WP Sanga Sanga berfungsi sebagai Pusat Pelayanan Kawasan (PPK) yang melayani kawasan sekitarnya, termasuk PPK Anggana dan PPK Loa Janan.

WP Sanga Sanga juga terhubung dengan Pusat Kegiatan Nasional (PKN) Kota Samarinda melalui jaringan jalan kolektor primer.

Dalam kaitannya dengan IKN, WP Sanga Sanga dihubungkan dengan WP Muara Jawa melalui jalan Kolektor Primer.

“Tujuan penataan WP Sanga Sanga-Muara Jawa adalah untuk mewujudkan daerah mitra ibukota Negara (IKN) yang handal berbasis pengembangan Agroindustri, pariwisata, perdagangan dan jasa yang Tangguh dan berkelanjutan,” tambah Sunggono.

Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektor ini merupakan langkah penting dalam proses perencanaan dan pengembangan wilayah di Kabupaten Kutai Kartanegara, terutama dalam menghadapi dinamika pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berdekatan.

Pemkab Kukar berharap penataan wilayah yang terencana dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang. (Adv/DiskominfoKukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status