Samarinda Festival 2022 Dimulai, Simak Arahan Wali Kota Andi Harun

Pembukaan Samarinda Festival 2022 di halaman GOR Segiri Samarinda, Jumat malam, 25 Maret 2022. (Foto: Pia)

KLIKSAMARINDAWali Kota Samarinda, Andi Harun, membuka secara resmi Samarinda Festival 2020. Pembukaan berlangsung di lapangan Parkir GOR Segiri, Samarinda, Jalan Kesuma Bangsa, Jumat malam, 25 Maret 2022.

Samarinda Festival 2022 ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Kadi ke-354 Kota Samarinda dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Pemkot Samarinda.

Wali Kota Andi Harun memberikan catatan khusus terhadap pelaksanaan Samarinda Festival 2022. Saat memberikan sambutan, catatan pertama Wali Kota Andi Harun terhadap Samarinda Festival adalah wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif di Kota Samarinda.

Tujuannya agar Samarinda Festival bisa meningkatkan rasa kepemilikan warga Kota Tepian terhadap Samarinda dan menjadi bagian dari irama pembangunan yang tengah dilaksanakan.

“Para pelaku start-up dan UMKM menampilkan karyanya dan meningkatkan “sense of belonging” atau rasa memiliki terhadap Kota Samarinda,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Catatan kedua dari Wali Kota Andi Harun adalah tema kegiatan Samarinda Festival 2022. Samarind Festival 2022 ini mengangkat tema “Samarinda Berani Berubah.”

Wali Kota Samarinda mengutip perkataan filsuf Yunani, Socrates. Menurut Wali Kota Andi Harun, Socrates pernah berkata “rahasia perubahan adalah memusatkan semua energi Anda, bukan untuk melawan yang lama, tetapi untuk membangun yang baru”.

Wali Kota Andi Harun menerangkan bahwa pernyataan itu memiliki makna yang dalam dan perlu ditafsirkan sehingga bisa diterapkan sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kota Samarinda.

“Saya menggaris bawahi tema yang diusung dalam kegiatan Samarinda Festival tahun ini, yakni Samarinda Berani berubah. Untuk berubah dibutuhkan keberanian yang besar. Berani bekerja keras, berani bertanggung jawab, dan berani berbuat yang lebih baik Berubah adalah kunci meraih kesuksesan,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Perubahan yang dimaksud, menurut Wali Kota Andi Harun, didukung oleh potensi heterogenitas atau keberagaman budaya masyarakat yang ada di Samarinda.

“Kota Samarinda menyimpan budaya multi etnis. Jika dikemas dengan baik akan menjadi aset yang tak ternilai harganya,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Karena itu, menjaga keberagaman budaya sebagai identitas Samarinda menjadi modal untuk mewujudkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban.

“Kita harus pastikan Pemerintah Kota Samarinda memiliki ruang untuk menunjukkan kelebihan tersebut kepada khalayak. Antara lain dengan mengadakan event Samarinda Festival ini,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun pun berharap Samarinda Festival bisa menjadi perhatian dan tanggung jawab seluruh pihak. Keduanya bukan hanya dilakukan Pemerintah maupun panitia penyelenggara.

Tetapi Wali Kota Andi Harun mengajak para seniman, budayawan, pemerhati, pelaku wisata dan masyarakat Kota Samarinda sama-sama menggairahkan Samarinda Festival sehingga menjelma sebagai representasi masyarakat Samarinda.

“Juga menjadi event kebanggaan yang dapat dilaksanakan secara kontinyu di setiap tahunnya,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Pelaksanaan Samarinda Festival ini akan menampilkan khazanah produk UMKM, industri kreatif, dan kuliner yang unik dan khas Kota Samarinda. Acara akan berlangsung hinga 27 Maret 2022. (Pia-01/Adv)

1 thought on “Samarinda Festival 2022 Dimulai, Simak Arahan Wali Kota Andi Harun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com