Clicky

Polisi Samarinda Selidiki Kapal Yang Terbakar dan Meledak 

Foto Dok

KLIKSAMARINDA – Jajaran Polsek Samarinda Kota beserta instansi terkait melaksanakan pengamanan serta pemadaman kebakaran kapal tongkang di Dermaga Tongkang PT Barokah Perkasa, Kelurahan Pulau Atas, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda, 11 Februari 2021.

Kapolsek Samarinda Kota, AKP M Aldy Harjasatya, pihaknya telah menerima keterangan dari sejumlah saksi atas insiden kebaran dan ledakan di dermaga PT Barokah Perkasa. AKP M Aldy Harjasatya menerangkan, menurut keterangan saksi bernama Hairudin, Prasetya, Aris, dan Elias diketahui kejadian kebakaran kapal tongkang sekitar pukul 14.45 WITA.

“Tempat kejadian kapal bersandar di dermaga tongkang PT Barokah Perkasa Kelurahan Pulau Atas, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Ada pun nama kapal yang terbakar adalah salah satu Kapal Tongkang Oil Base GPE milik PT Barokah Perkasa,” ujar AKP M Aldy Harjasatya melalui rilis.

AKP M Aldy Harjasatya menerangkan, dari keterangan saksi Hairudin, sekitar pukul 14.45 WITA, saksi mendapat informasi bahwa tongkang di PT Barokah ada terbakar. Setelah mendapat informasi tersebut, saksi langsung ke tempat kejadian, Samarinda Kalimantan Timur.

“Saksi menjelaskan pada saat kru kapal melakukan pengelasan. Terjadilah percikan dari api masuk di dalam tangki minyak sehingga api menyambar dan terjadilah ledakan. Sehingga menyambar ke dalam kapal tangki tiga. Ada pun sub kontraktor yang melakukan pengelasan tersebut adalah CV. Bahtera Merin, ujar Ps Kapolsek.

Ps Kapolsek juga menyampaikan, berkat kesigapan karyawan, warga sekitar di lokasi kejadian dibantu oleh 7 unit tank fire truk gabungan Dinas Pemadam Kebakaran atau Disdamkar Kota Samarinda dan PMK Relawan serta 20 unit portable serta satu regu Polsek Samarinda Kota, api dapat dipadamkan sekitar pukul 16.30 WITA.

“Atas kejadian tersebut, untuk sementara tidak ada korban jiwa. Kerugian sementara belum bisa ditaksir dan saat ini saksi-saksi masih kita mintai keterangan lebih lanjut mengenai kejadian kebakaran kapal tongkang tersebut,” ujar AKP M Aldy Harjasatya. (*)

DMCA.com Protection Status