Perjalanan Akhir Pekan ke Pantai Kurma, Dua Jam Dari Samarinda – klik samarinda
Ragam

Perjalanan Akhir Pekan ke Pantai Kurma, Dua Jam Dari Samarinda

Ada pelbagai cara untuk menyempatkan diri keluar dari rutinitas dan menikmati pesona alam. Satu di antaranya dengan berlibur bersama keluarga.

Secara psikologis, cara ini mampu membuat kita berada dalam kondisi tenang dan bahagia. Pun, cara itu mampu membuat sel-sel dalam tubuh kita menjadi lebih santai.

Mengisi liburan akhir pekan ke pantai, misalnya, bisa jadi caranya. Salah satu tujuan yang dapat anda kunjungi di Kalimantan timur (Kaltim) adalah Pantai Indah Kurma yang terletak di Muara Badak, Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim).

Dari Samarinda, Anda hanya menempuh perjalanan selama 2 jam, menyusuri jalan alternatif menuju arah Kota Bontang. Deburan ombak dan hamparan pasir coklat menyambut hari santai Anda bersama keluarga ataupun kerabat. Fasilitas yang disajikan pun terbilang cukup lengkap.

Dengan biaya parkir sebesar Rp10 ribu/mobil atau Rp4 ribu/motor anda sudah dapat camping di pantai ini. Tidak seperti pantai lainnya, anda harus menggunakan kapal untuk dapat mencapai pulau ini.

Dengan biaya masuk sebesar Rp30 ribu/orang, Anda juga disuguhkan pemandangan tanaman bakau (mangrove) selama perjalan menuju pantai ini.

Arif, salah satu mahasiswa yang sudah beberapa kali berlibur di tempat ini mengatakan, menggunakan kapal untuk menuju ke lokasi camping merupakan pengalaman yang cukup menarik.

“Di situ sih yang nilai plusnya. Karena harus naik kapal dulu. Kalau pantai lain, kan mobil bisa langsung ke pantai.” cerita Arif kepada kliksamarinda.

Ismawan, salah satu pengunjung pantai pun mengatakan, menyeberangi perairan dengan menggunakan kapal dan menikmati pemandangan pohon bakau selama perjalanan menjadi nilai tambah perjalanan wisata ke pantai ini.

“Kurang lebih sama dengan pantai lainnya. Cuman aksesnya lebih menarik, karena kita harus naik kapal dulu buat menuju ke pantainya,” ujar Ismawan saat ditemui kliksamarinda usai berlibur.

Keindahan serta kebersihan Pantai Indah Kurma menjadi daya tarik lain bagi masyarakat untuk berkunjung ke pantai ini. Fenomena Bioluminesensi atau fenomena biologis makhluk hidup tertentu dengan mengeluarkan cahaya dari tubuhnya dapat juga ditemukan di pantai ini.

Hewan malam seperti kunang-kunang dan flagellata yang membuat air laut tampak bercahaya menambah keindahan pantai pada malam hari.

“Air pantainya juga nyala-nyala kalau malam. Terus ada kunang-kunangnya juga yang menandakan kalau di situ masih bersih,” ucap Arif. (*)