Clicky

Pemukiman Warga Terbakar di Tepian Mahakam Samarinda

KLIKSAMARINDA – Musibah kebakaran melanda pemukiman warga di tepian Sungai Mahakam, Samarinda Kalimantan Timur, Jumat 26 Februari 2021. Kebakaran terjadi di kawasan Jalan Pangeran Bendahara, RT 07, Kelurahan Masjid, Kecamatan Samarinda Seberang, sekitar pukul 09.20 WITA.

Asap tebal dan kobaran api tampak dari kejauhan.

Lokasi kejadian yang berada di tepi sungai membuat petugas kebakaran kesulitan masuk jalur darat ke lokasi kejadian. Pemadam juga kesulitan melewati gang sempit karena banyak warga berkerumun di sekitar lokasi kejadian.

Dari arah sungai, sejumlah kapan tugboat yang melintas turut berupaya membantu memadamkan kebakaran dari Sungai Mahakam. Api kemudian perlahan padam.

Dalam musibah ini, sekitar 15 rumah yang terbuat dari kayu cepat terbakar. Sekitar 20 kk dan 80 jiwa terdampak kebakaran ini.

Korban terdampak kebakaran ini sebagian besar tak mampu menyelamatkan barang milik pribadi. Ketika kebakaran terjadi, mereka tengah beraktivitas di luar rumah.

Seorang warga yang menderita stroke bahkan nyaris terbakar. Namun, warga mampu menplonongnya menyelamatkan diri.

Salah satu ibu rumah tangga korban kebakaran, Aderia (40) shock dan panik atas peristiwa kebakaran tersebut. Aderia menangis saat mengungsi di tempat penampungan sementara di Masjid Shirotol Mustaqim, Samarinda Seberang.

Menurut Aderia, rumanya hangus terbakar karena kebakaran yang melanda pemukiman di RT 17 Jalan Pangeran Bendahara Samarinda. Namun, Aderia bersyukur bisa selamat dari kebakaran.

Aderia menceritakan jika dirinya berusaha keluar dari rumah setelah mendengar suara ribut di luar rumah. Namun, karena menderita stroke ringan, Aderia perlahan keluar rumah dengan cara berpegangan pada dinding rumah.

Aderia tidak mengetahui pasti penyebab kebakaran.Namun, dirinya mengaku api berasal dari rumah tetangga yang tidak jauh dari rumahnya.

“Di situ kebakarannya, dari rumah sebelahnya kena api. Sudah aku lari kena stroke, kalo,” ujar Aderia. (Jie)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status