Clicky

Merintis Jalan Menuju Food Estate Kaltim

KLIKSAMARINDA – Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura Provinsi Kaltim tengah memulai persiapan pembangunan food estate di dua kabupaten. Keduanya adalah food estate di Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menurut Kepala Dinas PTPH Kaltim, Siti Farisyah Yana, luasan di masing-masing wilayah untuk food estate tersebut lebih dari seribu hektare. Untuk di 1.154 hektare dan di Kabupaten PPU 1.500 hektare.

Karena itu, pihaknya menggagas pertemuan awal persiapan calon kegiatan Food Estate pada Rabu, 21 April 2021 di BPP Babulu, PPU

”Calon lokasi food estate di Kabupaten Paser 1.154 hektare dan di Kabupaten PPU 1.500 hektare berdasarkan surat Menteri Pertanian bulan Maret 2021. Pendanaan Food Estate ke depan dibiayai dari APBD dan Swasta sehingga perlu komunikasi intens dengan pihak terkait di 2 kabupaten tersebut,” ujar Siti F. Yana, melalui keterangan tertulis, Rabu 21 April 2021..

Rapat tersebut langsung dipimpin Kadis Pangan, TPH Provinsi Kaltim, Siti Yana didampingi Kadistan PPU dan Kadistanhortik Kab Paser. Peserta dr pihak Dinas Prov, Paser, PPU, BPP, PPL dan POPT.
.
”Sasaran pertemuan ini untuk menyamakan pemahaman konsep Food Estate dan rencana selanjutnya terkait persiapan di lokasi,” ujar Siti F. Yana..

Sementara itu, kondisi pertanian di Kaltim mendapatkan sorotan dari anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI komite 2 dapil Kaltim, Aji Mirni Mawarni. Menurut mantan Direktur PDAM di Kutim ini, potensi pertanian di Kaltim cukup besar meskipun masih memiliki sejumlah kelemahan.

“Hanya saja pertanian kita ini bisa dibilang masih jauh dari harapan, lantaran dalam satu tahun hanya sekali panen, harap saya minimal 2 kali dalam setahun. Yang mempersulit petani kita berproduksi dengan baik, kalau hujan banjir, kalau panas kemarau kering,” ujar Aji Mirni, Selasa 20 April 2021 saat menggelar buka puasa bersama di Resto & Cafe di Jalan Soetomo. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status