Clicky

Menyelami Eksotika Bawah Laut Muara Badak Kukar

KLIKSAMARINDA – Kalimantan Timur seolah tak pernah kehabisan potensi pariwisata. Tak cuma di daratan, di laut pun demikian adanya.

Satu potensi pariwisata di Kalimantan Timur yang mengandalkan panorama alam bawah laut adalah perairan laut Muara Badak di Kabupaten Kutai Kartanegara atau Kukar. Panorama kedalaman laut ini begitu indah dan banyak biota laut di lepas pantai.

Para penyelam dapat menemui berbagai jenis ikan yang sebelumnya sangat jarang ditemukan. Ikan-ikan yang berwarna warni itu tampak di kedalaman 4 meter di sekitar terumbu karang.

Untuk diving atau menyelam pun, pengunjung dapat menyewa alat selam yang murah. Setiap penyelam akan didampingi instruktur handal dan telah memiliki sertifikasi selam.

Bagi penyelam pemula, tak perlu khawatir. Ada beberapa spot selam di pantai Muara Badak untuk berlatih. Kedalamannya cukup aman dengan sajian pemandangan bawah laut yang tetap eksotik.

Tak hanya menikmati pemandangan bawah laut, para penyelam juga bisa ikut merawat terumbu karang yang ada di dasar laut. Caranya dengan ikut membudidayakan terumbu karang untuk melestarikan beragam biota laut di perairan Muara Badak.

Pesona keindahan bawah laut perairan Muara Badak ini belum terekspos. Menurut Koordinator Kelompok Masyarakat Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Muara Badak Kukar, Muhtar saat ini masyarakat lebih mempersiapkan perbaikan lingkungan di lokasi tersebut.

Muhtar menyatakan, seiring upaya warga melakukan perbaikan lingkungan di perairan Muara Badak, kerap muncul ikan hiu tutul yang mencari makan di lokasi ini. Ikan-ikan besar lainnya juga tampak di kedalaman 15-20 meter.

“Memang belum ada yang mengekspos kegiatan kami di sini. Hanya transplantasi karang terumbu. Itu yang kami lakukan tiap tahun,” ujar Muhtar, Minggu 4 April 2021.

Upaya warga dalam memperbaiki kondisi lingkungan di Muara Badak mulai membuahkan dampak. Wisatawan mulai kerap berdatangan dalam beberapa bulan terakhir untuk menikmati eksotika bawah laut Muara Badak.

Adalah Budi, seorang wisatawan asal Samarinda yang menyelam di laut Muara Badak. Budi mengaku senang bisa menikmati keindahan alam bawah laut di Muara Badak.

Menuju lokasi perairan Muara Badak Kukar ini, Budi menempuh waktu sekitar 1 jam dari Ibu Kota Provinsi Kaltim, Samarinda. Jika ditempuh dari Pantai Pangempang di wilayah perkampungan nelayan Muara Badak, memakan waktu berlayar 20 menit.

Mahasiswa Universitas Mulawarman ini mengaku baru mengetahui jika spot bawah laut di laut Muara Badak begitu indah. Bahkan menyamai keindahan bawah laut di wilayah Pulau Derawan, Kabupaten Berau.

“Luar biasa keindahan di bawah laut Muara Badak. Gugusan terumbu karang juga sangat terawat dan beraneka ragam ikan masih bagus,” ujar Budi.

Untuk mencapai lokasi penyelaman, para wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp750 ribu per orang. Wisatawan sudah akan mendapatkan peralatan lengkap selam dan biaya transportasi kapal untuk menuju lokasi penyelaman. (Jie)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status