KLIKSAMARINDA | KPU Nyatakan 3 Pasangan Calon Resmi Mendaftar di Pilkada Samarinda
News

KPU Nyatakan 3 Pasangan Calon Resmi Mendaftar di Pilkada Samarinda

Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) telah memberikan fakta adanya 3 bakal pasangan calon (bapaslon) yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda. Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat memastikan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda hanya diikuti 3 bapaslon hingga batas akhir pendaftaran pada Minggu malam 6 September 2020.

Keitga bapaslon tersebut adalah Andi Harun dan Rusmadi, Zairin Zain dan Sarwono, serta Barkati dan Darlin Pattalongi. Dua bapaslon di antaranya diusung partai politik, yaitu bapaslon Andi Harun dan Rusmadi serta bapaslon Barkati dan Darlis Pattalongi. Sementara 1 bapaslon maju lewat jalur Perseorangan, yaitu Zairin Zain dan Sarwono.

Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat mengatakan, ketiga pasangan yang akan mengikuti Pilkada Kota Samarinda yakni Andi Harun-Rusmadi, Zairin Zain-Sarwono, dan yang terakhir Barkati-Darlis, telah menyerahkan berkas pencalonan kepada KPU Samarinda. Ketiganya, menurut Firman Hidayat, sudah lengkap dan memenuhi syarat.

“Pilkada Kota Samarinda diikuti oleh tiga pasangan calon. Dua diusung partai politik dan satu lewat jalur Perseorangan. Berkas pencalonan ketiganya sudah memenuhi syarat dan sudah kami terima,” ujar Firman Hidayat, Minggu malam, 6 September 2020 usai menerima berkas pencalonan pasangan terakhir yang mendaftar.

Firman Hidayat menambahkan, bakal pasangan calon yang telah mendaftarkan diri ke KPU Samarinda akan mengikuti tes kesehatan dan tes psikologi. Tes kesehatan berlangsung tanggal 7 September 2020. Sementara Tes Psikologi akan berlangsung 9 September 2020.

Jadwal selanjutnya adalah Rapat Pelno Penetapan Pasangan Calon KPU Samarinda pada 23 September 2020. KPU Samarinda kemudian akan menggelar tahapan kampanye mulai 26 September 2020 sampai 5 Desember 2020.

“Tanggal 7 dan 9 pasangan calon akan mengikuti tes kesehatan dan psikologi, dan tanggal 12 akan ada penyerahan hasil tes kesehatan. Selanjutnya tanggal 23 September penetapan pasangan calon dan dilanjutkan dengan tahapan kampanye mulai tanggal 26 sampai 5 Desember,” ujar Firman Hidayat.

Ketiga bapaslon yang telah mendaftar di Pilkada Samarinda antara lain:
1. Pasangan Andi Harun dan Rusmadi dengan partai pendukung yaitu Partai Gerindra, Partai Nasdem, PKB, PPP, PKS, Partai Hanura, dan PDI Perjuangan.
2. Pasangan Zairin Zain dan Sarwono dengan dukungan jalur perseorangan memiliki 51. 652 dukungan yang tersebar di 10 kecamatan di Kota Samarinda.
3. Pasangan Barkati dan Darlis Pattalongi dengan dpartai pendukung Partai Golkar, PAN, dan Partai Demokrat. (*)

DMCA.com Protection Status