Clicky

Ketua KI Kaltim Hadiri Rakorda Diskominfo

KLIKSAMARINDA – Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur, Ramaon Dearvov Saragih menghadiri Rakorda Diskominfo yang di gelar di Novotel Hotel Balikpapan, 17 Juni 2021.

Rakorda ini dihadiri dan dibuka Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor. Tema yang diusung adalah “Optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Mendukung Kinerja Pemerintah Daerah”. Dalam kesempatan ini Gubernur Isran Noor mengingatkan pentingnya teknologi informasi dimasa ini, agar menjadi perhatian untuk kita,

“Sekarang ini era nya keterbukaan informasi tidak ada lagi saling tutup menutup,i” ujar Gubernur Isran Noor.

Gubernur Kaltim, Isran Noor secara resmi meluncurkan tiga program terbaru yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provini Kaltim. Tiga aplikasi tersebut yakni Satu Data Kaltim, e-Magazine “Habar Etam” dan Podcast Ngobrol Pintar dan Inspiratif (Ngopi Sore).

Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol pada gawai oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor dan Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal.

Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal menuturkan tiga program baru ini merupakan inovasi kelanjutan dari sembilan program milik Diskominfo yang sebelumnya telah diluncurkan.

“Karenanya, di bulan keenam tahun 2021 ini sudah ada 12 program inovasi yang telah kami lakukan untuk mendukung kinerja pemerintah daerah terutama menuju transformasi digital,” ucap Faisal.

Program Satu Data Kaltim merupakan program kebijakan tata kelola data Pemerintah Prov Kaltim untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan.

Dengan Satu Data Kaltim masyarakat dapat secara terbuka mengetahui tentang data-data statitistik di organisasi perangkat daerah Kaltim.

“Tentunya di dalam Rakorda ini bertujuan tentang pemahaman atau persepsi suatu kebijakan, strategi, perencanaan dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan pusat serta daerah tercapainya sinergitas bersama antar Diskominfo provinsi dengan Diskominfo kabupaten/kota dalam melaksanakan program atau kegiatan,“ ujar Muhammad Faial.

Salah satu hasil rekomendasi yang dihasilkan pada saat berakhirnya Rapat Koordinasi Bidang Komunikasi dan Informatika se Provinsi Kalimantan Timur adalah kesepakatan akan melaksanakan kembali Rakorda tahun 2022 nanti Insya Allah di kota Bontang.

”Mudah-mudahan bisa terlaksana dan diikuti semua kab/kota seperti sekarang ini. Kemudian ada juga beberapa poin penting lainnya yang disepakati bersama,” kata Muhammad Faisal Kadis Kominfo Prov Kaltim.

Sebagai penyelenggara tetap dari Diskominfo Provinsi Kaltim dan kabupaten/kota yang dipilih sebagai tuan rumah nanti sebagai unsur tambahan saja untuk beberapa item acara,

“Sebagai penyelenggaranya tetap di kami lah, Diskominfo Prov Kaltim. Tapi di beberapa item acara tambahan nanti merupakan tanggung jawab tuan rumah, intinya kami tidak akan mempersulit Kabupaten/Kota, mari kita sinergis bersama untuk mewujudkan Kaltim Berdaulat secara digital,” lanjut Faisal bersemangat.

Penuh harapan acara seperti akan dapat terlaksana secara rutin setiap tahunnya dan harus dilakukan evaluasi setiap kali penyelenggaraannya,

“Saya sangat berharap acara ini dapat dilaksanakan setiap tahun dan tentu saja harus di evaluasi setiap kali penyelenggaraan, supaya pada tahun depannya kita dapatkan hasil yang selalu maksimal, sehingga tidak jadi pekerjaaan yang sia-sia atau mubazir,” ujar Faisal. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com