Clicky

Kasus Covid-19 di Kaltim Melonjak Lima Ratus Kasus

KLIKSAMARINDA – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami lonjakan. Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim per Kamis, 1 Juli 2021, menyatakan, penambahan terkonfirmasi masih cukup tinggi, yakni sebanyak 596 kasus, sehingga total kumulatif 77.831 kasus. Pasien meninggal dunia bertambah 11 kasus, total menjadi 1.842 kasus.

Sebaran kasus terkonfirmasi terjadi di seluruh wilayah Kaltim, meskipun dengan jumlah yang tidak sama. Balikpapan menjadi daerah dengan penambahan terkonfirmasi tertinggi, yakni 182 kasus. Disusul Samarinda (98), Bontang (90), Kutai Kartanegara (70), Kutai Timur (60), Berau (44), Penajam Paser Utara (28), Kutai Barat (15), Paser (😎 dan Mahakam Ulu (1).

“Peningkatan kasus terkonfirmasi yang cukup tinggi ini tentunya menjadi keharusan bagi kita untuk semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya penularan Covid-19 di wilayah masing-masing Jangan abaikan protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas harus tetap dan terus dilakukan secara ketat dan disiplin,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, dr. Padilah Mante Runa, Kamis 1 Juli 2021 melalui keterangan tertulis.

Melihat situasi ini, dr. Padilah Mante Runa mengimbau agar seluruh pemangku kepentingan berperan dalam menekan penularan virus corona ini. Kerja sama, koordinasi dan komunikasi sangat dibutuhkan untuk penanganan di lapangan.

Artinya, setiap individu harus berperan aktif untuk menjaga diri, menjaga keluarga, menjaga lingkungan sekitarnya dari bahaya penularan Covid-19.

“Masyarakat juga harus mengikuti anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan Covid-19. Jangan kendor dan jangan lengah. Karena ini menjadi tanggung jawab bersama untuk menekan penularan di wilayah masing-masing,” ujar dr. Padilah Mante Runa.

Sebagai informasi, jumlah pasien sembuh bertambah 111 kasus, total kumulatif menjadi 71.578 kasus dan pasien masih dirawat atau kasus aktif 4.411 kasus. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com