Kaltim Tuan Rumah Parade Budaya TKTB 2022

KLIKSAMARINDA – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi tuan rumah Parade Budaya Temu Karya Taman Budaya (TKTB) ke-XXI se-Indonesia tahun 2022. TKTB ke-21 ini berlangsung mulai 19 September hingga 23 September 2022.

Acara diisi dengan parade mobil hias, pameran foto dan lukisan, maupun penampilan pentas seni dari berbagai budaya di Indonesia.

Pada hari pertama, TKTB dihadiri Sekretaris Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Fitra Arda, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi, Kepala Disdikbud Kaltim Muhammad Kurniawan, Kepala UPTD Taman Budaya Kaltim Ismid Rizal, dan OPD terkait.

Pagelaran ini dilaksanakan di Halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Senin 19 September 2022.

Wagub Hadi Mulyadi mengungkapkan, KTKB ini menjadi pertemuan yang sangat luar biasa. Masyarakat bisa menyadari budaya menjadi alat pemersatu sekaligus alat penggiat ekonomi, penyatu sosial-politik.

“Jadi dengan budaya, kita melepas sekat-sekat partai golongan, bahkan sekat-sekat lainnya. Makanya dari itu budaya Indonesia menjadi sangat luar biasa, harus dijaga dilestarikan dan harus ditingkatkan kualitas,” ujar Wagub Hadi Mulyadi.

Menurut Wagub Hadi Mulyadi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim berkomitmen untuk melestarikan budaya di Kaltim. Karena itu, pihaknya terus memanfaatkan secara maksimal dan meningkatkan sektor kebudayaan.

“Ada komitmen pemerintah kita untuk melestarikan budaya sehingga budaya itu harus ditingkatkan. Kita harus memanfaatkan secara maksimal, kalaupun tidak ada, kita tetap komitmen untuk meningkatkan APBD di bidang kebudayaan,” ujar Wagub Hadi Mulyadi.

Kepala Disdikbud Kaltim, Kurniawan, menyampaikan kegiatan ini demi untuk meningkatkan apresiasi anak muda untuk kebudayaan.

Kurniawan mengajak masyarakat Kaltim untuk meramaikan seluruh rangkaian TKTB Kaltim ini. Karena, kegiatan TKTB ini akan menampilkan kekayaan budaya Indonesia.

“Ada kegiatan rakor seminar sentral tari yang ditampilkan oleh semua daerah. Ada juga mural, pameran galeri nasional, dan foto-foto yang berkualitas,” ujar Kurniawan. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status