Clicky

Irwan Soroti Jalan Rusak di Tanah Datar Samarinda

KLIKSAMARINDA – Anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Timur (Kaltim) dari Partai Demokrat, Irwan, menyoroti kondisi jalan rusak di wilayah Tanah Datar, Jalan Poros Samarinda-Bontang. Irwan turun langsung meninjau jalan tersebut dan menganalisis beberapa penyebab jalan nasional tersebut tergenang air dan lumpur.

Menurut Irwan, kondisi jalan rusak di Tanah Datar merupakan turunan dari persoalan lain. Misal, tertutupnya drainase akibat penumpukan lumpur pada parit jalan sehingga air meluber hingga ke badan jalan.

“Sebenarnya jalan rusak ini hanya ikutan. Permasalahannya drainase jalan nasional penuh dengan lumpur. Lumpur ini dari aktivitas pertambangan di kanan kiri jalan. Run oof lumpur menutupi drainase,” ujar Irwan, 1 Desember 2020.

Irwan menyebutkan, penyelesaian terhadap persoalan jalan nasional yang rusak ini melalui perbaikan. Namun, permasalahan utama tidak akan selesai sepanjang tidak ada penertiban aktivitas pertambangan di kanan kiri jalan. Perlu koordinas pihak-pihak terkait untuk menindak tegas aktivitas tersebut,” ujar Irwan.

Dampak kerusakan jalan nasional poros Samarinda-Boontang ini adalah kemacetan lalu lintas. Antrean kendaraan terjadi di sepanjang akses jalan antar wilayah di Kaltim, yaitu Berau, Kutim, Bontang, Samarinda, Kukar.

Selain itu, akses tersebut juga merupakan akses warga menuju Bandara APT Pranoto Samarinda.

“Warga sangat memerlukan akses jalan ini sebagai penghubung antarkabupaten/kota. Juga jalan ini menjadi akses ke Bandara APT Pranoto Samarinda. Perlu duduk bersama untuk penyelesaian persoalan ini. Pemerintah pusat bisa saja memperbaiki. Tetapi bagaimana pemeliharaan setelah adanya perbaikan, pemerintah daerah perlu melakukan langkah strategis,” ujar Irwan. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status