Ekspedisi Mahakam II Polres Kukar untuk Peningkatan SDM Unggul – KLIK SAMARINDA
Ragam

Ekspedisi Mahakam II Polres Kukar untuk Peningkatan SDM Unggul

Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), dikenal sebagai salah satu desa di Indonesia yang tidak mempunyai daratan. Desa ini menjadi desa yang mendapatkan perhatian dari jajaran Polres Kutai Kartanegara untuk Kegiatan Ekspedisi Mahakam II. Pada Kamis, 15 Agustus 2019, ratusan anggota kepolisian Polres Kutai Kartanegara beserta istri mengunjungi daerah yang terisolasi itu dengan menempuh 6 jam perjalanan.

Mereka melalui jalur darat selama kurang lebih 4 jam, mereka melanjutkan perjalanan darat menggunakan perahu motor yang lebih dikeal dengan nama ces hingga menyusuri Sungai Mahakam untuk mencapai desa yang mayoritasnya nelayan ini. Di atas perahu yang digerakan oleh mesin dengan kapasitas 4 orang ini, para anggota kepolisian bersama istri harus menempuh perjalanan selama 2 jam untuk menuju ke daerah yag bernama Muara Enggelam. Dengan cara ekstrem, para anggota Bhayangkara ini menggelar perjalanan untuk mengenal wilayahnya di Kabupaten Kukar.

Gapura berukuran besar menyambut kehadiran rombongan Polres Kutai Kartanegara. Gapura besar itu merupakan penahan ombak bagi lalulintas kapal yang menlintasi Sungai Mahakam. Warga menyatakan, sebelum ada gapura besar itu rumah mereka kerap rusak bahkan ambruk akibat terbawa gleombang yang diciptakan oleh mesin kapal.

Setiba di Desa Muara Enggelam, rombongan diterima ratusan warga dan pelajar SD Negeri 011 dan SMP Negeri 3 Kecamatan Muara Wis. Di tempat ini, para anggota Bhayangkara ini memeriksa kesehatan terhadap anak-anak sekolah dasar dan menyempatkan diri untuk memberikan materi pendidikan kepada para siswa.

Kapolres Kutai Kartanegara, AKBP Anwar Haidar mengatakan, kegiatan ini selain memperkenalkan medan tugas yang sering dilalui petugas kepolisian kepada para anggota bhayangkari, juga sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Muara enggelam menjadi desa yang sesuai dengan tema Hari Kemerdekaaan RI ke-74, yakni SDM Unggul Indonesia Maju.

”Adapun tujuan dilakukannya Ekspedisi Mahakam II ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan sumberdaya manusia, khususnya daerah yang terpencil, terisolasi, dan terpencar. Mudah-mudahan, dengan kedatangan kami semua bisa memberikan manfaat terutama bagi peningkatan sumber daya manusia yang unggul produktif dan maju sesuai dengan tema Kemerdekaan Indonesia 2019,” ujar Kapolres. (*)