Pengibaran Bendera di Bawah Laut, Ini Harapan Bupati Kukar HUT Kemerdekaan RI ke-74 – KLIK SAMARINDA
Ragam

Pengibaran Bendera di Bawah Laut, Ini Harapan Bupati Kukar HUT Kemerdekaan RI ke-74

(Last Updated On: August 17, 2019)

Memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Kemedekaan Republik Indonesia, ratusan penyelam dari berbagai komunitas bersama Satuan TNI dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Balikpapan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di Perairan Muara Badak, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis 15 Agustus 2019. Bupati Kukar, Edi Damansyah, turut hadir dalam ekspedisi pengibaran bendera dasar laut di bibir Selat Makasar ini sebagai inspektur upacara pengibaran bendera bawah laut didampingi Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan, Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono.

Sebelumnya, Edi Damansyah melakukan persiapan menjadi inspektur pengibaran bendera dalam laut di Kolam Renang Putri Junjung Buyah. Latihan ini dilakukan untuk memastikan peralatan yang digunakan sudah tepat dan menyiapkan kondisi serta durasi waktu prosesi penyelaman saat melakukan pengibaran bendera.

Upacara pengibaran bendera merah putih ini dilakukan di kedalaman tujuh meter di bawah permukaan laut dan empat mil dari bibir pantai yang berada di Muara Badak. Acara yang digagas Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan itu diikuti puluhan penyelam profesional yang berasal dari komunitas penyelam, akademisi, TNI AL, Polri, Basarnas termasuk Bupati Kukar Edi Damansyah itu sendiri. Sesampainya di Pulau Pangempang, Kecamatan Muara Badak, Edi Damansyah memasang peralatan menyelam. Proses penyelaman dimulai sekitar pukul 08.00 WITA.

Edi Damansyah menuturkan, kegiatan menyelam ini baginya bukan pertama kalinya dilakukan. Namun untuk pengibaran bendera di bawah laut, ini pertama kalinya dilaksanakan dengan semangat dan penuh rasa haru dan gembira.

”Upacara bendera di dalam laut Tanjung Limau Muara Badak ini menjadi harapan besar agar ekosistem laut terus terjaga dan bisa menjadi destinasi wisata bahari pilihan untuk peningkatan perekonomian warga di Kutai Kartanegara,” ujar Edi.

Nuraeni, peserta pengibaran bendera yang berasal dari komunitas penyelam mengapresiasi kegiatan yang dilakukan TNI AL ini. Komandan pangkalan TNI AL Balikpapan, Kolonel Laut (pelaut) Wahyu Cahyono menyebutkan, dengan suksesnya upacara ini, diharapkan meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air khususnya untuk para drive agar mampu memperkenalkan destinasi wisata bahari yang ada di Kukar ke mancanegara. (*)