DPRD Samarinda Ingatkan Aspek Konstruksi Intake Palaran | KLIK SAMARINDA
Parlementaria

DPRD Samarinda Ingatkan Aspek Konstruksi Intake Palaran

Foto: Ist

KLIKSAMARINDA – Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Jasno mengingatkan kepada pelaksana pembangunan proyek Instalasi Pengolahan Air (IPA) Intake Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Kota Samarinda di wilayah Simpang Pasir, Kecamatan Palaran, Samarinda.

Menurut legislator dari Partai Amanat Nasional tersebut pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IPA Kalhold berkapasitas 250 liter/detik dari target 1000 liter/detik ini tetap memperhatikan aspek konstruksi dan keselamatan.

Jasno menilai, aspek konstruksi dalam pembangunan IPA Kalhold di Palaran Samarinda perlu diperhatikan dengan cermat. Menurut Jasno, ada beberapa pertimbangan dan alasan aspek konstruksi perlu diperhatikan dengan detil.

“Pertama, tentu karena intake PDAM di Simpang Pasir Palaran ini berdekatan dengan Jembatan Mahkota II. Perlu diperhatikan aspek konstruksi karena jangan sampai pembangunan intake di sana berpengaruh terhadap kondisi jembatan,” ujar Jasno, Sabtu 21 November 2020.

Selain itu, menurut Jasno, alasan perlu perhatian ekstra soal konstruksi IPA Intake tersebut berkaitan dengan kondisi tanah yang rawan longsor. Jasno mengingatkan agar peristiwa longsor serupa di Selili, Samarinda yang terjadi beberapa waktu lalu tidak terulang.

Selain pertimbangan dengan dengan kontruksi jembatan Mahkota II, perlu juga diperhatikan tempat penampungan air agar tidak merembes. Tanah di sana tidak stabil dan mudah longsor. Intinya tidak seperti pembangunan penampungan di Selili, kan terjadi longsor,” ujar Jasno.

Point of View:  Rakor Refocusing dan Relokasi APBD, Ini Harapan Ketua DPRD Samarinda

Karena itu, Jasno meminta kepada pihak pelaksana proyek agar betul-betul matang dalam rencana pembangunan dan memperhatikan aspek lingkungan di sekitar lokasi pembangunan intake.

“Kami mohon pihak pelaksana rencana memperhatikan dengan matang aspek-aspek itu. Jangan sampai ada masalah di kemudian hari,” tandas Jasno.

Saat ini, pembangunan IPA Kalhold di Simpang Pasir Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) tersebut masih dalam tahapan sosialiasi. IPA Intake Palaran ini bertujuan menambah pasokan kapasitas untuk Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda yang akan disalurkan untuk masyarakat Kota Samarinda.

Lokasi rencana pembangunan IPA Kalhold berada di Samping Jembatan Mahkota. Pembangunan IPA Kalhold ini berkapasitas 250 liter per detik bertahap dari rencana 1.000 liter per detik. Pembangunan IPA Intake Palaran ini rencananya akan memakan waktu 18 bulan dan pada 2022 akan tuntas. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status