NewsPemkab Kutai Kartanegara

Bupati Kutai Kartanegara Targetkan Kukar Jadi Lumbung Pangan IKN, Kurangi Bekesah!

KLIKSAMARINDA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, kembali menegaskan komitmennya untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

Pernyataan ini disampaikan saat kunjungan kerja ke Desa Selerong, Kecamatan Sebulu, pada Kamis 27 Juni 2024.

Visi Menjadi Lumbung Pangan IKN

Edi Damansyah, yang memiliki latar belakang sebagai penyuluh pertanian di era 80-an, menekankan pentingnya sektor pangan dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

“Jadi sekarang kurangi berkesah. Saya semangat untuk jadikan Kutai Kartanegara jadi Lumbung Pangan IKN. Saat ini sudah banyak sekali motivator di bidang pertanian,” ujarnya.

Dukungan Konkret untuk Petani

Dalam kunjungannya, Bupati tidak hanya memberikan motivasi, tetapi juga bantuan nyata berupa alat pertanian modern.

“Kemarin saya datang kesini persoalan cangkul yang dikeluhkan, sekarang saya datang lagi bawakan alatnya Cultivator atau alat untuk membalik tanah modern ini,” jelasnya.

Bantuan Cultivator ini diserahkan langsung oleh Bupati kepada kelompok tani di Desa Selerong.

“Bantuan ini dalam rangka peningkatan produksi untuk kesejahteraan para petani di Desa Selerong,” tambah Edi.

Rencana Pengembangan Lebih Lanjut

Bupati Edi berjanji akan melakukan kunjungan lanjutan untuk membahas sektor-sektor lain yang bisa dikembangkan.

“Saya semangat ini, saya mau Desa Selerong menjadi salah satu daerah pengembangan pertanian. Nanti silahkan koordinasikan dengan Dinas Pertanian mengenai bibit apa yang layak ditanam di kawasan ini,” tegasnya.

Apresiasi untuk Penyuluh Mandiri

Edi Damansyah juga memberikan apresiasi kepada para penyuluh pertanian mandiri yang terus berbagi ilmu kepada petani.

“Saya berterima kasih dan memberi apresiasi kepada penyuluh mandiri yang memang terbentuk dari tim yang selama ini sudah aktif di bidang pertanian,” ungkapnya.

Peran Teknologi dan Generasi Muda

Bupati optimis bahwa generasi muda akan mampu mengembangkan sektor pertanian dengan bantuan teknologi.

“Di beberapa desa sudah berjalan itu petani muda, petani milenial. Mereka sudah terbuka wawasannya bahwa sektor pertanian ini sangat menjanjikan saat ini,” jelasnya.

Komitmen Pemerintah Daerah

Pemerintah Kabupaten Kukar berkomitmen untuk terus mendukung para petani dalam meningkatkan hasil produksi. Hal ini dilakukan dengan menganggarkan dan mengusulkan bantuan alat-alat pertanian dan dukungan lainnya untuk menunjang peningkatan kesejahteraan petani.

“Dengan adanya bantuan ini, hasil panen diharapkan dapat meningkat sehingga bisa meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Kukar,” tutup Edi Damansyah.

Inisiatif Bupati Edi Damansyah dalam mendorong pengembangan sektor pangan di Kutai Kartanegara menunjukkan visi jangka panjang dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan, terutama dengan adanya pembangunan Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur.

Dengan kombinasi antara dukungan teknologi, pemberdayaan generasi muda, dan bantuan konkret kepada petani, Kutai Kartanegara berpotensi menjadi model keberhasilan pembangunan pertanian di era modern. (Suriyatman/Adv/Diskominfo Kukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status