Pemkot Samarinda

Apresiasi Wali Kota Andi Harun Untuk BPVP 2022, Tingkatkan Skill Anak Samarinda

KLIKSAMARINDA – Balai Pelatihan Kerja (BLK) Kota Samarinda menggelar Open House Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Tahun 2022 di Jalan Untung Suropati, Rabu 19 Oktober 2022. Pelaksanaan BPVP ini akan berlangsung hingga 20 Oktober 2022.

Open House BPVP sendiri diisi dengan berbagai kegiatan. Rangkaian kegiatan di Open House BPVP dengan pelatihan vokasi.

Antara lain pameran bursa kerja (job fair), pameran produk alumni, talkshow, kompetisi alumni (pembuatan roti, kue dan barista), trial class sepeda motor, promo servis sepeda motor, fashion show, dan panggung hiburan.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, membuka secara resmi Open House BPVP di Aula Utama.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Andi Harun memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan BPVP.

Menurut Wali Kota Andi Harun, kegiatan ini bisa memberi kesempatan lebih banyak kepada putra-putri Kaltim, khususnya Kota Samarinda.

“Di situasi keadaan global memengaruhi tekanan ekonomi di semua negara, maka dari itu pekerjaan begitu penting. Ditambah dengan efek dari bonus demografi, selalu saja kesempatan kerja itu lebih kecil daripada lowongan yang tersedia,” ujar Wali Kota Andi Harun, Rabu 19 Oktober 2022.

Wali Kota Andi Harun juga mengatakan bahwa seluruh pihak harus mempersiapkan diri secara baik karena IKN (ibu kota negara) sebentar lagi. Dampaknya, migrasi atau urbanisasi penduduk dari daerah lain tidak bisa dihindarkan.

Karena itu, Wali Kota Andi Harun mengajak agar seluruh pihak mengantisipasinya dengan menyiapkan pelatihan sebagai upaya meningkatkan SDM untuk mengisi lowongan kerja yang ada di IKN.

Kegiatan BPVP ini akan mengarahkan putra-putri Kota Samarinda untuk bisa memiliki daya saing yang tinggi terhadap kesempatan bekerja di lowongan pekerjaan yang tersedia.

“Melalui kegiatan ini, agar kita memiliki SDM (sumber daya manusia) yang berdaya saing, memiliki sertifikat dan memiliki perlindungan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Wali Kota Andi Harun.

Acara ini diakhiri dengan pemberian 750 BPJS Ketenagakerjaan yang meliputi JKK dan JKM secara gratis kepada pencari kerja pertama selama satu bulan penuh. Selain itu, ada pula pertunjukan fashion show dari alumni BPVP Samarinda.

Bursa kerja yang diadakan di Open House ini, membuka sebanyak 180 loker dan 42 perusahaan yang ikut berpartisipasi bagi para pencari kerja.

Sedangkan untuk pameran produk pelatihan, kurang lebih 18 booth yang diisi oleh alumni BPVP Samarinda. (Pia/Adv/PemkotSamarinda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status