Clicky

Yuk Cek Benih Tanaman Pangan di Aplikasi Ini

KLIKSAMARINDA – Bagi Anda peminat atau para pencari benih tanaman, bisa mengakses sebuah aplikasi informasi yang berkaitan dengan benih. Aplikasi tersebut bernama Sistem Informasi Pelayanan Perbenihan Unggul (SIMPPEL) Komoditas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim.

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, telah melaunching aplikasi besutan Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dispan TPH) tersebut pada Rabu 23 Maret 2021 di Grand Jatra Hotel Balikpapan.

Launching terebut dilakukan Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor dalam Rangkaian Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Pembangunan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun 2021 di Balikpapan.

Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Timur atau Kaltim, Siti Farisyah Yana menjelaskan, aplikasi SIMPPLE dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat Kaltim, khususnya oleh para petani yang ingin mendapatkan informasi tentang benih tanaman pangan.

“Silahkan akses di dispertan.kaltimprov.go.id/simppel. Petani dapat informasi terkait data-data stok benih di UPTD BBI Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta produsen benih,” ujar Siti Farisyah Yana melalui keterangan tertulis, Kamis 25 Maret 2021.

Menurut Siti Farisyah Yana, data benih dalam aplikasi tersebut di antaranya, jenis tanaman, stok atau ketersediaan, dan harga benih. Sedangkan informasi tentang produsen penjual benih terkenal di kabupaten dan kota, baik nama produsen dan pimpinannya, alamat lengkap serta jenis tanaman yang dijual.

“Petani bisa langsung berhubungan dengan produsen benih di Kaltim, mau lewat telepon atau datang langsung ke tempat produsen benih tanaman pangan dan hortiknya. Sebab alamat lengkap tertera di aplikasi SIMPPEL,” ujar Siti Farisyah Yana menambahkan.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kalimantan Timur, Gubernur Isran Noor mengapresiasi inovasi yang dilakukan jajaran Dinas Pangan TPH Kaltim, terlebih dalam memberikan upaya memberikan petani mengakses benih dan sarana pertaniannya.

“Inovasi memang harus kita lakukan, selain bentuk pelayanan publik juga memberikan bagi maayarakat, dalam hal ini petani,” ujar Gubernur Isran Noor.

Gubernur Isran Noor sangat berharap inovasi mendorong berupa aplikasi SIMPPEL yang mampu melakukan percepatan capaian target-target produksi pertanian, khususnya produk pangan. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status