News

Warga Bantuas Palaran Samarinda Temukan Granat di Pekarangan Rumah

KLIKSAMARINDA – Warga Bantuas Palaran Samarinda menemukan sebuah granat di pekarangan rumah di Jalan Al Hasanie RT 05, Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Penemuan granat itu terjadi Kamis 1 Februari 2024.

Penemuan benda berbahaya ini langsung ditindaklanjuti cepat oleh kepolisian. Kapolsek Palaran Kompol Zarma Putra membenarkan adanya penemuan granat jenis nanas di lingkungan pemukiman warga Kelurahan Bantuas.

“Granat ditemukan di pekarangan rumah Bapak Salman oleh yang bersangkutan saat sedang membersihkan pekarangan dengan menggunakan parang,” ungkap Kompol Zarma Putra melalui keterangan tertulisnya Jumat 2 Februari 2024.

Menurut Kompol Zarma Putra, penemuan granat ini diawali saat warga menebas rumput. Salman kemudian merasakan parangnya mengenai benda keras seperti besi.

Setelah dicek, benda itu ternyata berupa granat. Bapak Salman lalu segera melaporkan penemuannya ke Ketua RT, yang kemudian menghubungi Bhabinkamtibmas Kelurahan Bantuas Aipda Hilldes Teffi.

Mendengar informasi itu, Bhabinkamtibmas bersama Babinsa Koramil Palaran langsung menuju lokasi kejadian. Setelah memeriksa dan memastikan benda itu granat, Aipda Hilldes langsung menghubungi tim penjinak bom dari Brimob Polda Kalimantan Timur.

Tim dari Brimob yang bermarkas di Samarinda Seberang segera dikerahkan ke TKP. Setelah memastikan itu memang granat jenis nanas, tim evakuasi Brimob lalu membawa granat tersebut ke Mako Brimob untuk dilakukan penjinakan.

“Dilihat dari bentuknya, granat itu diduga merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Sebab, dahulu kolonial Belanda pernah menduduki wilayah Sanga-Sanga dan Bantuas di Kalimantan Timur,” ungkap Kompol Zarma Putra.

Di lokasi aparat kepolisian juga telah memasang garis polisi untuk mengamankan area penemuan granat tersebut.

Kapolsek Palaran Kompol Zarma Putra mengimbau agar warga yang menemukan benda mencurigakan segera melapor ke pihak berwajib untuk penanganan lebih lanjut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada warga atas kerja sama dan kewaspadaannya dalam melaporkan temuan granat ini.

Kerja cepat aparat keamanan dinilai tepat dalam mengamankan granat yang berpotensi membahayakan warga. Dengan penanganan profesional ini, situasi di Kelurahan Bantuas dapat tetap kondusif dan warga merasa aman. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status