NewsPemkot Samarinda

Wali Kota Samarinda Resmikan Kantor dan Serahkan Kendaraan untuk Kodim 0901/Smd

KLIKSAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, meresmikan Kantor Komando Distrik Militer (Kodim) 0901/Smd dan menyerahkan kendaraan operasional sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah daerah kepada TNI AD. Peresmian dilaksanakan di Makodim 0901/Smd JalanGajahmada, Kamis 22 Februari 2024 dihadiri langsung Kolonel Czi Eko Supri Setiawan selaku Dandim 0901/Samarinda dan Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli.

Dalam sambutan, Wali Kota Andi Harun menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, TNI, dan masyarakat dalam membangun daerah. Menurutnya, tantangan saat ini semakin kompleks sehingga dibutuhkan dukungan dari semua elemen, termasuk Forkopimda.

“Sinergi dan dukungan dari berbagai elemen, termasuk Forkopimda, sangat diperlukan. Ini telah membantu penanganan Covid-19 dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Samarinda,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun menilai sinergi tersebut telah memberikan rasa aman yang kondusif bagi masyarakat Kota Samarinda. Oleh karena itu, Wali Kota Andi Harun berharap Kodim 0901/Smd dapat semakin memantapkan kinerja di bidang keamanan.

“Ini merupakan di antara beberapa fakta-fakta lain, dan yang paling utama adalah bagaimana segenap masyarakat bisa merasakan keamanan yang terus kondusif di wilayah kota Samarinda,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Guna mendukung operasional TNI AD di Kodim 0901/Smd, Pemerintah Kota Samarinda telah menyelesaikan pembangunan kantor dan rumah dinas. Total dibangun 14 rumah dinas perwira dan 30 rumah dinas anggota dengan nilai kontrak mencapai Rp12 miliar lebih.

Proyek ini antara lain pembangunan 14 unit rumah tipe 70 dengan nilai kontrak Rp5.590.620.000 dan 30 unit rumah tipe 45 senilai Rp6.755.888.000.

Fasilitas tersebut juga dilengkapi drainase lingkungan dan dua lapangan voli. Seluruh pembangunan dibiayai melalui APBD Kota Samarinda TA 2023 dengan nilai mendekati Rp8.786.465.000.

Selain itu, Pemerintah Kota Samarinda berencana membentuk Satuan Tugas (Satgas) Keamanan di tingkat kelurahan guna memperkuat keamanan. Kodim 0901/Smd diharapkan turut berperan aktif dalam pembentukan Satgas tersebut.

Tidak hanya pembangunan fisik, Wali Kota Samarinda juga menyerahkan sejumlah kendaraan operasional untuk mendukung mobilitas personel TNI dan kepolisian. Penyerahan meliputi 5 unit mobil untuk Koramil, 39 sepeda motor untuk Babinsa, dan 59 sepeda motor untuk Babinkamtibmas.

Sebelumnya, pemerintah daerah telah menyerahkan 8 mobil operasional kepada Polresta Samarinda. Total ada 103 kendaraan yang diserahkan guna kelancaran tugas di lapangan.

“Semua kendaraan tersebut diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya untuk mendukung pelaksanaan tugas di masing-masing unit kerja,” ujar Andi Harun.

Kolonel Czi Eko Supri Setiawan selaku Dandim 0901/Samarinda menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan Pemkot Samarinda. Menurutnya, hal ini jarang ditemukan dan merupakan wujud kepedulian terhadap tugas TNI dan Polri.

“Saya telah berdinas 22 tahun, sangat jarang menemukan kepala daerah seperti Andi Harun yang merangkul semua forkopimda dan mendukung fasilitas serta tugas kebersamaan,” ujarnya.

Ia berharap sinergi yang baik dapat terus dijaga sehingga tugas pengamanan di Kota Samarinda dapat berjalan optimal dan ringan karena ditanggung bersama. Dengan demikian, masyarakat Samarinda dapat menikmati keamanan dan ketertiban secara berkelanjutan.

Peresmian kantor dan penyerahan bantuan ini menjadi bukti komitmen Pemkot Samarinda dalam mendukung operasional TNI dan Polri. Hal ini penting guna menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, terlebih menjelang penetapan Samarinda sebagai ibu kota provinsi Kalimantan Timur. (Pia/Adv/PemkotSamarinda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status