NewsPemkot Samarinda

Wali Kota Samarinda Berbagi Strategi Peningkatan PAD dan Pembangunan dengan Bupati Morowali Utara

KLIKSAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, menerima kunjungan studi banding dari Bupati Morowali Utara beserta rombongan pada Kamis 18 April 2024. Kunjungan ini dilaksanakan di Ruang Anjungan Karangmumus Balaikota Samarinda dan membahas strategi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pembangunan infrastruktur, dan tata kota.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Andi Harun menyambut kedatangan Bupati Morowali Utara dan rombongan dengan hangat. Hadir pula Dandim Morowali Utara, Kapolres Morowali Utara, serta jajaran Pemerintah Kota Samarinda.

“Pak Bupati Morowali bersama Pak Sekda dan rombongan jajaran Pemkot yang disertai forkopimdanya hadir, saya lihat tadi Pak Dandim Morowali Utara dan Pak Kapolres Morowali Utara studi banding tentang CSR dan sharing bagaimana peningkatan pada APBD, kemudian pembangunan infrastruktur dan tata kota karena memang keberhasilan pemerintah kota Samarinda terhadap sektor,” kata Andi Harun.

Andi Harun memberikan penjelasan panjang lebar tentang berbagai strategi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), di antaranya dengan memberdayakan atau menguatkan posisi fungsi bisnis dan sosial bagi perusahaan milik daerah.

Ia mengambil contoh PDAM Samarinda yang berhasil membukukan keuntungan lebih dari Rp100 miliar dengan melakukan efisiensi belanja operasi dan mendorong peningkatan produksi air bersih.

Selain itu, Andi Harun juga menekankan pentingnya penerapan prinsip good governance dalam pengelolaan perusahaan daerah dan pengisian pengurus yang rasional serta bebas dari intervensi politik.

“Kepala daerah harus memastikan betul bahwa pengisian pengurus baik direksi maupun dewan pengawas harus rasional dan bebas dari intervensi politik serta kepentingan di luar kepentingan umum,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Andi Harun juga berbagi strategi Pemerintah Kota Samarinda dalam melakukan terobosan di bidang pelayanan publik dan pembangunan infrastruktur yang berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama UMKM.

“Jika akses jalan dan jembatan itu bagus, maka kegiatan ekonomi masyarakat meningkat, perputaran uang juga makin bagus. Nah, jika kegiatan ekonomi masyarakat meningkat, itu akan berdampak pada pendapatan daerah dari berbagai sektor,” paparnya.

Andi Harun juga mengedukasi para pemimpin kantor untuk melakukan efisiensi dalam penggunaan sumber daya, seperti listrik, untuk menghemat belanja operasional.

Kunjungan studi banding ini memberikan kesempatan bagi Bupati Morowali Utara dan rombongan untuk mempelajari strategi dan terobosan yang dilakukan Pemerintah Kota Samarinda dalam meningkatkan PAD, pembangunan infrastruktur, dan tata kota. Diharapkan, sharing pengetahuan ini dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan daerah lain di Indonesia. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status