Fokus News

Update Covid-19 Kaltim, Jumlah Kasus Konfirmasi Positif Turun Karena Ini

KLIKSAMARINDA – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) masih menunjukkan peningkatan memasuki Agustus 2020. Per 1 Agustus 2020, terjadi penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kaltim sebanyak 7 kasus.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak menjelaskan, jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 ini menunjukkan penurunan jumlah jika dibandingkan hari-hari sebelumnya. Pada 31 Juli 2020, misalnya penambahan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kaltim mencapai 49 kasus.

Menurut Andi Muhammad Ishak, penurunan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 tersebut terjadi karena beberapa laboratorium kesehatan tak melakukan pemeriksaan hasil uji PCR saat libur Lebaran Iduladha pada 31 Juli 2020 kemarin. Karena itu, penurunan tersebut tidak menggambarkan dinamika perkembangan kasus Covid-19 sehingga masyarakat tetap perlu waspada dan menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19.

“Kecenderngan kasus terlihat menurun pada hari ini. Ini perlu tetap ada kewaspadaan. Penurunan kasus ini karena memang beberapa lab kita kemarin tidak melakukan pemeriksaan karena libur Lebaran. Meski begitu, kita tetap perlu waspada dan hati-hati dan tidak panik. Walau harus melakukan aktivitas di luar rumah, tetap terapkan protokol kesehatan dengan komitmen dan kedisiplinan tinggi. Gunakan masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan agar tidak tertular maupun menularkan Covid-19,” ujar Andi Muhammad Ishak saat teleconvference pada Sabtu 1 Agustus 2020 melalui aplikasi Zoom.

KLIK JUGA:  Update Covid-19 Kaltim, Pasien Sembuh Bertambah

Dalam laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, per 1 Agustus 2020 tercatat kasus konfirmasi Covid-19 berasal dari Berau 2 kasus, Paser 4 kasus, dan Samarinda 1 kasus. Angka tersebut menambah total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kaltim menjadi 1433 kasus.

Penambahan Kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium Covid 19 dengan hasil Positif (Konfirmasi) COVID-19 per 1 Agustus 2020 sebanyak 7 Kasus, dengan rincian sebagai berikut:
a) Berau 2 Kasus
1) BRU 78 Laki-laki 26 tahun warga Berau, merupakan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 asimtomatis yang mempunyai Riwayat Perjalanan dari Jawa Barat dan JAwa timur, kasus dirawat di RSUD Abdul Rivai Berau.
2) BRU 79 Laki-laki 48 tahun warga Berau, merupakan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 asimtomatis yang mempunyai Riwayat Perjalanan dari Kutai Barat, kasus dirawat di RSUD Abdul Rivai Berau.

KLIK JUGA:  Perangi Penyebaran Virus Covid-19, Pertamina dan Rumah Zakat Kembali Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Paser 4 Kasus
1) PSR 115 Laki-laki 53 tahun warga Paser, merupakan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 asimtomatis yang mempunyai riwayat kontak dengan kasus konfirmasi positif Covid (proses tracing), kasus melakukan isolasi Mandiri
2) PSR 116 Laki-laki 5 tahun dan PSR 118 Laki-laki 31 tahun warga Paser, merupakan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 asimtomatis yang mempunyai riwayat kontak dengan kasus PSR 100, kasus melakukan isolasi mandiri
3) PSR 117 Wanita 47 tahun warga Paser, merupakan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 asimtomatis yang mempunyai riwayat kontak dengan kasus PSR 92, kasus dirawat di Rumah isolasi Covid 19 Paser

c) Samarinda 1 Kasus
1) SMD 304 (Laki-laki 60 tahun) merupakan warga Kalimantan Selatan yang terkonfirmasi Positif asimtomatis hasil pemeriksaan swab mandiri, kasus melakukan isolasi mandiri.

KLIK JUGA:  Peran 7 Tersangka Dalam Kasus Gratifikasi Bupati Kutai Timur

Setara dengan penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19, jumlah kasus sembuh Covid-19 juga berjumlah sebanyak 7 kasus. Kasus sembuh per 1 Agustus 2020 berasal dari Berau 5 kasus, Kutai Timur 1 kasus, dan Balikpapan 1 kasus. Angka ini menambah angka kesembuhan dari Covid-19 di Kaltim menjadi 910 orang.

Sementara penambahan kasus meninggal dunia pasien knfirmasi Covid-19 sebanyak 1 kasus dari Paser. (*)