Uji Swab Massal Kolaboratif Dua Wilayah di Kaltim Tracing Covid-19 | KLIK SAMARINDA
Fokus News

Uji Swab Massal Kolaboratif Dua Wilayah di Kaltim Tracing Covid-19

KLIKSAMARINDA – Dua wilayah di Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan uji swab massal secara kolaboratif dalam rangka tracing Covid-19. Uji swab ini merupakan kolaborasi Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda yang berlangsung Rabu, 17 Juni 2020 di Loa Janan Ulu.

Dua lokasi menjadi tempat uji swab massal kolaboratif tersebut. Antara lain, di Pasar Subuh, Jalan Poros Tenggarong dan di Langgar Al-Amin, Jalan Soekarno-Hatta.

Kegiatan swab massal ini dalam rangka deteksi dini sekaligus upaya memutus rantai penularan covid-19 di Kukar dan Samarinda.

Dari Loa Janan Ulu, yang saat ini dikenal Kluster Loa Janan, ada sejumlah pasien warga Loa Janan Ulu yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasien dari kluster ini adalah dari Samarinda SMD 39 dan SMD 40, merupakan dua tenaga kesehatan di salah satu Rumah Sakit di Samarinda. Lalu SMD 41, yaitu balita dua tahun anak dari kedua pasien tersebut.

Kemudian dari Kutai Kartanegara KKR 48, KKR 49, dan KKR 50, yang merupakan kontak erat dari SMD 39 dan SMD 40 terkonfirmasi pada 31 Mei lalu. Satu lagi adalah KKR 52, terkonfirmasi pada 8 Juni 2020.

Point of View:  Ini Pelaku Yang Mendorong Gusti ke Sungai Mahakam Hingga Meninggal

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak, menyatakan perlu adanya upaya kkolaborasi dalam menangangi kasus terkonfirmasi Covid-19.

“Dukungan sarana dan prasarana serta upaya kolaboratif dan terus menerus secara bersama-sama tanpa putus asa untuk berhasil melewati masa pandemi dan terhindar dari Covid-19. Peningkatan kapasitas pemeriksaan, beberapa laboratorium sudah berfungsi. Kita terus berupaya memenuhi fasilitas dan peningkatan kapasitas pemeriksaan sehingga mempercepat deteksi dan memutus penularan,” ujar Andi Muhammad Ishak dalam teleconference melalui aplikasi Zoom 17 Juni 2020. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status