Clicky

Samarinda Catatkan 1.575 Warga Yang Harus Isoman

KLIKSAMARINDA – Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mencatatkan rekor harian tertinggi kasus konfirmasi positif Covid-19 pada Rabu, 28 Juli 2021 kemarin.

Dalam laporan yang disampaikan Dinas Kesehatan Kota Samarinda, tercatat ada kenaikan jumlah kasus konfirmasi positif sebanyak 423 orang dan pasien meninggal dunia sebanyak 13 orang. Penambahan kasus tersebut menjadikan total kasus harian di Samarinda yang menjalani perawatan menjadi 2.216 kasus.

Menurut Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi, Kamis 29 Juli 2021, di Samarinda mencatat kasus positif Covid-19 harian tertinggi sejak Covid-19 ada di Bumi Etam.

Hal itu juga menyebabkan penambahan pasien yang harus menjalani isolasi mandiri (isoman) karena penuhnya ruang perawatan di fasilitas kesehatan. Menurut Wawali Rusmadi, ada 1.575 orang kasus positif yang harus isolasi mandiri.

“Dari data harian, ada 2.216 orang yang mengalami perawatan dan yang dirawat di rumah sakit dan pusat-pusat Karantina kita ada 641 orang. Ini berarti, dari laporan rumah sakit/Laboratorium/Klinik hasil pemeriksaan kasus positif ada 1.575 orang yang harus isolasi mandiri,” ujar Wawali Rusmadi melalui keterangan tertulisnya.

Wawali Rusmadi berharap RS/Lab/Klinik disiplin dalam melaporkan data kasus harian.

“Kita tidak tahu berapa banyak warga yang melakukan Rapid Test Antigen dan Swab tetapi tidak melaporkan? Berapa banyak yang disiplin isoman di rumah dan beraktivitas ke luar? Ini sangat berbahaya kalau tidak dibendung,” ujar Wawali Rusmadi.

Wawali Rusmadi juga menghimbau kepada pihak keluarga atau tetangga pasien isoman agar memastikan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tidak keluar rumah dan tetap menjalani isolasi mandiri di rumah. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com