Clicky

RSI Samarinda Butuh Perbaikan Jelang Operasional

KLIKSAMARINDA – Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kaltim, Jauhar Effendi, melakukan peninjauan Rumah Sakit Islam (RSI) Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Jumat pagi, 12 Februari 2021. Bersama Plt. Direktur Rumah Sakit Jiwa Atma Husada Mahakam (RSJ AHM), dr. Jaya Muallimin, Sp.Kj., dan Direktur RSI Samarinda, dr. Didik Santoso, Jauhar Effendi melihat sejumlah perubahan RSI saat ini.

Menurut Jauhar Effendi, kunjungan ini untuk melihat langsung kondisi terkini Rumah Sakit Islam (RSI) yang akan segera dioperasikan kembali. Peongoperasian kembali RSI ini sesuai dengan komitmen Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim setelah memenuhi berbagai persyaratan.

Dalam kesempatan tersebut, Jauhar Effendi memberikan masukan tentang pentingnya menjaga kebersihan, memperindah kawasan, hingga usul perbaikan beberapa sisi bangunan.

“Sebagai Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kaltim, masalah kesehatan, termasuk Rumah Sakit, adalah bagian yang menjadi tanggungjawab saya. Karena itu saya melihat langsung kondisi di lapangan,” ujar Jauhar Effendi melalui rilis.

Dalam kunjungan tersebut, staf RSI menjelaskan bahwa peralatan medik masih bisa diperasika setelah menjalani kalibrasi. Meski begitu, kondisi Instalasi Gizi/Dapur perlu direhab total. Begitu juga Unit Loundry tidak ada.

“Untuk mengatasi masalah tersebut, Direktur RSJ AHM menawarkan pola Kerja Sama Operasional (KSO) dengan RSI untuk menyuplai kebutuhan makanan dan loundry,” ujar Jauhar Effendi.

Pihak RSI menyambut baik tawaran tersebut. Apalagi di samping belakang RSI memang ada pintu gerbang menyeberang ke RSJ AHM. Sangat dekat, karena hanya dipisahkan oleh jalan.

Operaional RSI Samarinda saat ini tinggal menunggu visitasi dan izin dari Dinas Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda. Warga masyarakat sudah tidak sabar lagi menunggu dibukanya kembali RSI.

“Nampak tadi wajah para medis memancarkan wajah penuh harapan dan optimisme untuk segera kembali mendedikasikan ilmunya kepada ummat. Mohon doa seluruh warga masyarakat agar kejayaan RSI Samarinda bisa bangkit kembali. Aamiin,” ujar Jauhar Effendi. (*)

DMCA.com Protection Status