Senin, 1 Maret 2021 14:48:57

Presiden RI Lantik Kapolri Baru

KLIKSAMARINDA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis. Pelantikan berlangsung di Istana Negara Jakarta, Rabu, 27 Januari 2021 sekitar pukul 09.30 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiarkan langsung melalui channel Youtube Sekretariat Kabinet.

Presiden melantik Perwira lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1991 itu melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5/Polri Tahun 2021 tentang pengangkatan Kapolri yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden. Setelah diambil sumpahnya, Listyo Sigit Prabowo kemudian menandatangani berita acara pengangkatan Kapolri.

Presiden melalui Keppres Nomor 7/Polri Tahun 2021 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi Polri, juga menetapkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi Jenderal Polisi.

“Saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan.

Setelah pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi melakukan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan serta menyerahkan tongkat jabatan Kapolri kepada Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, diikuti ucapan selamat oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Hadir mendampingi Presiden dan Wapres dalam pelantikan tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, serta Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sebelumnya Presiden pada Rabu 13 Januari 2021 mengajukan nama Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sebagai calon tunggal Kapolri melalui Surpres nomor R-02/Pres/01/2021 yang disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada DPR.

DPR kemudian melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri, Rabu 20 Januari 2021. Selanjutnya, melalui Rapat Paripurna pada Kamis 21 Januari 2021, DPR menyetujui calon tunggal yang diajukan Presiden tersebut.

Ketua DPR Puan Maharani dalam surat persetujuannya yang disampaikan kepada Presiden menyebutkan, Rapat Paripurna DPR RI tanggal 21 Januari 2021 telah menyetujui laporan Komisi III DPR RI untuk mengangkat Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan pria kelahiran Ambon, 5 Mei 1969. Dirinya menegaskan komitmennya untuk menampilkan potret institusi kepolisian sebagai penegak hukum yang tegas namun humanis.

“Apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap Polri tentunya bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis, bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan, dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan. Ini tentunya menjadi tugas kami ke depan,” ujar Kapolri.

Komitmen tersebut akan ditindaklanjutinya dengan menjalankan program transformasi di empat bidang dan melaksanakan rencana aksi di 16 program kegiatan. Program dan rencana aksi tersebut telah disampaikan Listyo Sigit saat uji kepatutan dan kelayakan di hadapan Komisi III DPR RI.

Dalam pernyataannya, Kapolri juga menegaskan, di bawah kepemimpinannya Polri akan terus melakukan upaya penegakan hukum sebagai bagian dari upaya penanganan pandemi COVID-19 di mana keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi.

“Bagaimana kita berusaha untuk melakukan upaya-upaya penanggulangan terhadap COVID-19 baik di dalam kegiatan-kegiatan yang kita disiplinkan, penegakan aturan protokol kesehatan yang terus harus kita lakukan, karena keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi,” ujar Kapolri.

Kapolri juga mengatakan, dalam menghadapi tantangan di tengah situasi krisis akibat pandemi, Polri juga harus dapat membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional sehingga semua pihak bisa segera terlepas dari situasi krisis, dan ekonomi bisa kembali bertumbuh.

“Tentunya itu semua bisa terlaksana apabila stabilitas kamtibmas semuanya berjalan dengan aman, lancar, dan baik,” ujar Kapolri.

Mengakhiri pernyataannya, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan kepadanya hingga dilantik menjadi Kapolri yang ke-25.

“Kami ucapkan terima kasih atas seluruh dukungan dari masyarakat, sesepuh, para senior, dan juga tentunya seluruh anggota Polri di manapun berada, atas terlaksananya kegiatan pelantikan hari ini,” ujar Kapolri. (*)

Tinggalkan Balasan