Clicky

Polisi Samarinda Perketat Pengamanan Kota

KLIKSAMARINDA – Jajaran kepolisian di Samarinda Kalimantan Timur memperketat pengamanan di tingkat kota. Peningkatan pengamanan terjadi setelah adanya aksi teror di Makassar dan di Mabes Polri beberapa waktu belakangan.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman, langsung memimpin apel kesiapan pengamanan serta sarana dan prasarana personil gabungan, jelang ibadah perayaan paskah, umat nasrani, Jumat pagi 2 April 2021.

Personil gabungan yang turut serta dalam apel di Mako Polresta Samarinda Jalan Slamet Riyadi Sungai Kunjang, yakni Polresta Samarinda, Denpom VI/Mulawarman, Kodim 0901 Samarinda, Brimob Yon B Pelopor Polda Kaltim dan Satpol PP. Apel yang diikuti TNI dan Polri ini dalam rangka antisipasi tindak terorisme di hari Paskah atau Wafat Isa Almasih.

“Hari ini apel gabungan, dalam rangka persiapan personil gabungan melakukan pengamanan saat Paskah nanti. Dan yang perlu diantisipasi, kamtibmas seperti ancaman terorisme serta radikalisme, ini pasca aksi teror beberapa waktu lalu. Nah, setelah peristiwa itu seluruh wilayah Siaga 1,” ujar Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arif Budiman.

Kombes Pol Arif Budiman juga menyampaikan dalam apel gabungan ini, diharapkan seluruh personil dapat mendeteksi dini, ancaman serta aksi teror maupun serangan yang meresahkan warga.

“Harus lebih peka dan siap siaga, saat melakukan pengamanan dan kewaspadaan dalam mengantisipasi, terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Jangan sampai ada orang yang memanfaatkan momentum peringatan perayaan paskah, untuk membuat ketakutan,” ujar Kombes Pol Arif Budiman.

Dalam pengamanan ini, Polresta Samarinda menurunkan 288 personil yang akan disebar di gereja-gereja di Samarinda, untuk pengamanan jelang perayaan ibadah paskah. Termasuk dengan enam titik gereja besar, yang nantinya akan dijaga oleh personil Detasemen Gegana Brimob Polda Kaltim, dengan jumlah personil 20.

Tim gabungan melakukan pengecekan gereja-gereja yang saat ini tengah melakukan rangakaian ibadah paskah, yakni Jumat Agung. Pasca pelaksanaan apel, tim Gabungan Forkopimda yang dikomando Arif pun menyusuri 2 gereja besar, Gereja Santa Maria di Jalan Jendral Sudirman, dan di Gereja Katholik ST. Lukas di Jalan Ahmad Yani.

Saat ini tiap Gereja dan Mabes maupun Mako dijaga ketat pasukan Brimob maupun penjagaan dari pasuka tim Gegana.

“Operasi gabungan pada saat hari paskah seperti ini tidak hanya kami lakukan pada hari ini, tetapi ini kegiatan tahunan seperti tahun-tahun sebelumnya menghindari tindak terorisme, tetapi semenjak ada kasus kemaren itu, saya perintahkan untuk memperbanyak pasukan di dalam tugas piketnya,” ujar Kombes Pol Arif Budiman.

Tah hanya itu, Kombes Pol Arif Budiman S.I.K,M.si menekankan kepada seluruh personilnya untuk melaksanakan pengamanan tempat ibadah hingga tingkat Polsek-polsek dan juga meminta kepada panitia gereja untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menyediakan tempat cuci tangan dan alat ukur suhu untuk para jemaat.

Anggota Polsek di wilayah Samarinda dan Koramil turut mengamankan hari Paskah yang jatuh pekan ini. Aparat menjamin, keamanan dan kenyaman masyarakat yang akan menjalani ibadah di gereja. Peningkatan pengamanan ini merupakan upaya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif bagi masyarakat dan kenyamanan bagi yang beribadah. (*)

DMCA.com Protection Status