Clicky

Truk Amblas Jalan Macet di Jalur Samarinda Bontang

KLIKSAMARINDA – Arus lalu lintas di area jalur jalan Tanah Datar Simpang Lempake-Sambera Kukar Kaltim mengalami kemacetan, Jumat siang 2 April 2021. Antrean kendaraan yang cukup panjang ini terjadi karena adanya truk pengangkur kelapa sawit yang over dimensional dan over loading amblas di tengah jalan.

Jalanan tampak tertutup sedimentasi tanah dan menutupi saluran drainase. Kemacetan juga terjadi akibat banyaknya warga yang melakukan perjalanan luar kota di akhir pekan membuat padat arus lalu lintas di ruas tersebut.

Dalam keterangan tertulis, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur BBPJN Kaltim menerangkan, tim dari Satker PJN 2 langsung bergerak cepat untuk melakukan penanganan sementara.

“Dengan diberi timbunan tanah pilihan atau tanah urug dan kemudian dihampar aggregat pada lokasi jalan yang mengalami kerusakan. Dari sekitar 500 meter yang mengalami kerusakan parah, saat ini sudah mencakup 300 meter dengan badan peninggian jalan,“ demikian keterangan tertulis dari BBPJN Kaltim, Jumat sore.

BBPJN Kaltim telah merencanakan penanganan permanen dengan membuat Box Culvert berdimensi lebih besar dan saluran listrik. Paket perbaikan saat ini sedang dalam proses tender/lelang.

“Diperkirakan dalam beberapa pekan kedepan sudah bisa dimulai paket pekerjaan di ruas tersebut,“ demikian keterangan BBPJN Kaltim.

BBPJN Kaltim sendiri tidak hanya melakukan perbaikan teknis, tapi juga terus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah provinsi/daerah dan pemangku kepentingan yang terkait, karena masalah yang terjadi di ruas tersebut tidak hanya kerusakan jalan, tetapi juga sudah terjadi kerusakan lingkungan. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status