Orientasi Anggota DPRD Kab/Kota Se-Kaltim, Menuju Sinergi Eksekutif dan Legislatif – KLIK SAMARINDA
News

Orientasi Anggota DPRD Kab/Kota Se-Kaltim, Menuju Sinergi Eksekutif dan Legislatif

(Last Updated On: September 20, 2019)

Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Kaltim bekerja sama dengan Sekretariat DPRD Kabupaten dan Kota se-Kaltim, menggelar Orientasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur. Pesertanya merupakan 330 anggota DPRD dari Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Berau dan Mahakam Ulu, yang terpilih pada Pemilu Legilatif 2019 lalu.

Gubernur Kaltim, Isran Noor, menghadiri sekaligus membuka Orientai ini di Pendopo Odah Etam, Senin 16 September 2019. Isran mengatakan, peran dan fungsi DPRD sangat strategis bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Pokoknya anggota legislatif (DPRD) harus bersinergi dengan eksekutif (pemerintah). Bangun harmonisasi kebijakan. Tentukan yang prioritas maka harus diprioritaskan. Pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat harus diwujudkan,” katanya.

Isran juga berharap para anggota DPRD periode 2019-2024 ini mampu mengemban amanah rakyat yang memilih mereka dengan memperjuangkan kepentingan masyarakat. Hadir Wakil Ketua DPRD Kaltim, HM Samsun, Plt. Kepala BPSDM Kaltim HM Aswin dan Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota se-Kaltim.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPSDM Provinsi Kaltim, HM Aswin mengatakan, orientasi dilaksanakan dalam tiga gelombang. Adapun pada gelombang pertama yang berlangsung di Hotel Harris Samarinda, peserta dari anggota DPRD Balikpapan periode 2019-2024 berjumlah 45 orang, anggota DPRD Bontang 25 orang, dan anggota DPRD Mahakam Ulu 20 orang.

Aswin mengharapkan orientasi kepada seluruh anggota DPRD kabupaten dan kota se Kaltim ini dapat meningkatkan pemahaman anggota dewan.
“Untuk membangun sinergitas pelaksanaan RPJMD Kaltim 2018-2023 dengan anggota dewan dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah,” kata Aswin. (rilis)