Kodim 0901/Smd Mitigasi Banjir Samarinda, Siapkan Sarana Evakuasi

Dandim 0901/Smd, Letkol Arm Novi Herdian, Rabu pagi, 23 Maret 2022, turun langsung meninjau lokasi yang terdampak banjir di Jalan Pemuda, Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang.

KLIKSAMARINDABanjir di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) masih terjadi hingga Rabu 23 Maret 2022. Berbagai pihak telah melakukan upaya untuk mengantisipasi banjir.

Tak terkecuali jajaran Kodim 0901/Smd yang turut mempersiapkan sarana pendukung dalam membantu masyarakat menghadapi musibah banjir Samarinda. Persiapan dilakukan karena adanya indikasi peningkatan intensitasnya akibat meluapnya Sungai Karang Mumus.

Seperti peningkatan air yang terjadi di Jalan Pemuda, Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang. Di sana, Kodim 0901/Samarinda menyiapkan 1 unit perahu karet jenis LCR (Landing Craft Rubber Boat).

Dandim 0901/Smd, Letkol Arm Novi Herdian, Rabu pagi, 23 Maret 2022, turun langsung meninjau lokasi yang terdampak banjir di Jalan Pemuda, Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang. Dandim mengecek kesiapansiagaan prajurit Kodim 0901/Smd dan alat perlengkapannya untuk membantu warga yang terdampak banjir.

Menurut Dandim 0901/Smd, pihaknya juga telah menyiapkan dapur lapangan dan tenda lapangan yang stanby di Makodim. Sarana tersebut siap dioperasionalkan untuk membantu penanganan bencana banjir di wilayah Kodim 0901/Samarinda apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Kami berharap persiapan dan perlengkapan yang disiapkan oleh Kodim 0901/Smd dapat membantu penanganan bencana banjir apabila sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujar Dandim 0901/Smd Letkol Arm Novi Herdian.

Dandim 0901/Smd Letkol Arm Novi Herdian menambahkan, Kodim 0901/Smd dalam pelaksanaan penanganan banjir bekerjasama dengan Polresta Samarinda, BPBD Kota Samarinda, serta instansi terkait juga sejumlah Relawan kota Samarinda.

“Ini merupakan bentuk sinergitas TNI Polri dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal penanggulangan bencana di wilayah Kota Samarinda,” ujar Dandim 0901/Smd Letkol Arm Novi Herdian.

Banjir Bengkuring
Sementara itu, banjir juga menggenangi beberapa wilayah di Kecamatan Samarinda Utara. Seperti di wilayah Bengkuring, akibat dari hujan yang turun selama 2 hari.

Debit air Waduk Benangga naik dan Sungai Karang Mumus meluap. Akibat dari meluapnya Sungai Karang Mumus rumah masyarakat yang berada di pinggiran sungai terdampak.

Danramil 0901-05/Smd Utara Mayor Inf Surono, dan Lurah Sempaja Timur, Sepryani melakukan pengecekan lokasi yang terdampak banjir di Perum Bengkuring di wilayah Kelurahan Sempaja Timur, Kecamatan Samarinda Utara, Selasa 22 Maret 2022.

“Dampak meluapnya ada 3 lokasi yang terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Karang Mumus. Di Bengkuring Kecamatan Samarinda Utara, Jalan Pemuda Kecamatan Sungai Pinang, dan Jalan Dr. Soetomo, Kecamatan Samarinda Ulu. Kami harap warga tetap waspada dan selalu siap siaga. Semoga air cepat surut dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa” ujar Mayor Inf. Surono. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status