Kapolres Samarinda Koordinasi Dengan Kadinkes Percepat Vaksinasi Lansia

Pertemuan antara Kapolresta Samarinda, kombes Pol Ary Fadli dengan Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, dr. Ismed Kosasih, Kamis 10 Februari 2022. (Foto: Dok)

KLIKSAMARINDA – Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli melakukan kunjungan ke Dinas Kesahatan Kota Samarinda, Kamis siang 10 Februari 2022. Pertemuan berlangsung di Kantor Dinas Kesehatan Samarinda, Jalan Milono, Kecamatan Samarinda Kota.

Kunjungan ini dalam rangka mempercepat penanganan Covid 19 yang terus meningkat di Kota Samarinda. Kunjungan tersebut disambut langsung Kepala Dinas Kesahatan Kota Samarinda, dr. Ismed Kosasih.

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli mengatakan saat ini Polresta Samarinda telah menjalankan program CETAR (Cari Antar Jemput) Lansia. Program ini sesuai instruksi Kementerian Kesehatan RI melalui Kapolri.

Program ini bertujuan agar mencapai target vaksinasi warga lanjut usia atau lansia di setiap Kab/Kota 75%-85%.

Namun, Kombes Pol Ary Fadli menyatakan bahwa saat ini program tersebut terkendala dengan keterbatasan tenaga vaksinator.

Kendala lainnya adalah minimnya waktu pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas setiap Kecamatan.

“Agar dalam kurun waktu satu minggu ini Dinkes kota Samarinda dapat menambah waktu vaksinasi dengan prioritas sasaran lansia. Dinkes kota Samarinda dapat memberikan data Lansia yang sudah divaksin maupun belum divaksin sehingga mempermudah kami Polresta Samarinda melakukan tracking yang mudah, cepat, dan tepat sasaran,” ujar Kombes Pol Ary Fadli.

Selanjutnya, Dinkes Samarinda dapat berkordinasi dan bekerja sama dengan Kapolsekta beserta jajaran serta Babinkamtibmas untuk merealisasikan sasaran vaksinasi lansia.

“Sehingga pelaksanaan vaksinasi lansia dapat dilakukan secara door to door, atau dikumpulkan di suatu lingkungan RT sehingga petugas vaksinatornya yang akan melayani datang ke lokasi vaksinasi dengan menyesuaikan jadwal dan sasaran dari Polsekta jajaran,” ujar Kombes Pol Ary Fadli.

Kepala Dinkes Samarinda, dr. Ismed Kosasih menyampaikan bahwa pihaknya akan mengoptimalkan dokter dan tenaga medis di 26 Puskesmas di wilayah kota Samarinda.

Optimalisasi dokter dan tenaga medis itu untuk menambah waktu pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran lansia di setiap kecamatan.

“Dinkes Samarinda akan libatkan dokter dan tenaga medis on call untuk melakukan vaksinasi lansia secara door to door dengan menyesuaikan jadwal dan data yang dibuat oleh Kapolsekta jajaran,” ujar Ismed Kosasih. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status