Clicky

Hari Peduli Sampah Nasional, DLH Samarinda Salurkan Sedekah Sampah Rp4 Juta

KLIKSAMARINDA – Persoalan sampah menjadi persoalan urgent dan tak dapat ditunda oleh siapapun. Karena itu, persoalan sampah memerlukan perhatian dari seluruh masyarakat, tak terkecuali.

Dalam rangka itu, saat Peringatan “Hari Peduli Sampah Nasional” yang akan jatuh pada 21 Februari 2021 mendatang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda bersama para pihak menggelar Aksi Kampanye Edukasi dan Gotong Royong serta Penyerahan Donasi Hasil Sedekah Sampah dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Bank Sampah Se-Kota Samarinda.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Terbuka Publik (RTP) Karang Mumus,, Jum’at 19 Februari 2021. Menurut Kepala DLH Kota Samarinda, Nurrahmani, DLH Kota Samarinda tetap memperingati Hari Peduli Sampah Nasional untuk mengenang Peristiwa Longsor di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Kabupaten Cimahi yang menewaskan 157 jiwa pada tahun 2005.

”Tahun 2021 Kita semua masih dalam suasana Pandemi Covid-19. Namun, DLH Kota Samarinda tetap memperingati Hari Peduli Sampah Nasional untuk mengenang Peristiwa Longsor di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Kabupaten Cimahi yang menewaskan 157 jiwa pada tahun 2005. Kegiatan uga tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Nurrahmani.

Untuk Tahun 2021 ini, imbuh Nurrahmani, Hari Peduli Sampah Nasional bertema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”.

”Hal ini mengingatkan kita bahwa pengelolaan sampah adalah hal yang sangat urgent dan tidak dapat ditunda-tunda oleh siapapun,” ujar Nurrahmani.

Dalam kegiatan “Sedekah Sampah”, para donatur dari Sedekah Sampah dibuat berkelompok yaitu Kelompok Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Bank Sampah Kota Samarinda. Ada 12 OPD yang terdiri dari 6 Dinas dan 6 Kecamatan serta 7 Bank Sampah yang terlibat dalam kegiatan ini.

”Total Nominal Sedekah Sampah yang disumbangkan senilai Rp4 juta dan langsung diserahkan kepada Rumah Singgah Kanker yang dikelola oleh Komunitas Support Kanker (KSK) Kota Samarinda,” ujar Nurrahmani.

Nurrahmani juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait khususnya IATPI Kaltim, Balai Prasarana Permukiman Kaltim, serta Prodi Teknik Lingkungan dari Universitas Mulawarman Samarinsa yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status