Clicky

DPKH Kaltim Pantau Hewan Kurban Jelang Iduladha

KLIKSAMARINDA – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Munawwar, S. T., M. Si, melakukan pemantauan stok hewan qurban secara langsung di Kota Samarinda. Pemantauan hewan qurban ini didampingi Dinas Peternakan Kota Samarinda, Selasa 6 Juli 2021.

Menurut Munawwar dalam keterangan tertulis menyatakan, stok ketersediaan hewan qurban menyambut Hari Raya Iduladha tahun 2021 masih mencukupi untuk kebutuhan qurban.

”Dari jumlah sapi di Kalimantan Timur, menjelang hari raya Idul Adha terpantau cukup untuk memenuhi kebutuhan kurban pada tahun ini. Dari data stok peternakan di wilayah Samarinda dan kota lain di sekitarnya tercatat jumlah stok hewan qurban yaitu sebanyak 3.037 ekor,” ujar Munawwar, Selasa 6 Juli 2021.

Munawwar dan jajaran peternakan Kota Samarinda juga melakukan penyerahan stiker sehat pada hewan qurban yang akan dijual telah menjalani pemeriksaan dan dinyatakan sehat. Hal ini berdasarkan surat keterangan kesehatan hewan dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan petugas di wilayah kota Samarinda.

Munawwar juga mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan kabupaten dan kota atas rekomendasi ternak yang masuk ke wilayah Kaltim. DPKH Kaltim kemudian melakukan upaya pemeriksaan dan pengawasan hewan qurban yang akan dijual.

”Hal ini sebagai bukti bahwa sapi tersebut sehat dan siap untuk dikonsumsi. Hal ini diharapkan dapat menghilangkan keraguan masyarakat atas kesehatan hewan yang akan diqurbankan dan dapat meningkatkan rasa kepercayaan kepada pemasok sapi di wilayah Kalimantan Timur,” ujar Munawwar.

Munawwar memperkirakan, akan muncul kekhawatiran terjadinya penurunan yang signifikan terhadap daya beli masyarakat akan hewan kurban di tengah pandemi. Namun, tahun ini daya beli masyarakat akan kebutuhan hewan kurban terpantau tetap tinggi.

Terpisah, DPKH Kaltim juga melakukan penyerahan secara langsung bantuan peralatan potong hewan qurban untuk Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Gunung Lingai Kecamatan Samarinda Utara. Penyerahan bantuan kedua diberikan kepada pengurus masjid Al- Muhaimin, Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang.

”Total bantuan peralatan potong hewan qurban yang akan diserahkan pada tahun 2021 ini berjumlah 20 bantuan. Diharapkan dengan bantuan ini dapat memudahkan atau mempercepat proses pemotongan hewan qurban mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19. Serta dapat dimanfaatkan dengan baik tidak hanya di tahun ini namun di tahun-tahun yang akan datang,” ujar Munawwar. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com